•   Jumat, 10 April 2020
Pilpres 2019

KPU Jatim Adakan Nobar Debat Pilpres 2019

( words)
Foto : Paslon 01 dan Paslon 02


SURABAYAPAGI.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menginstruksikan jajaran di tingkat kabupaten maupun kota se-Jatim untuk menggelar nonton bareng debat pemilihan presiden (pilpres), Kamis (17/1/2019) malam.

"Sebanyak 38 kabupaten maupun kota di Jatim menyelenggarakan nonton bareng di kantor masing-masing," kata Komisioner KPU Jatim, Choirul Anam ketika dikonfirmasi di Surabaya, Kamis (17/1/2019).

Tak hanya jajaran KPU setempat, acara ini juga akan mengundang sejumlah jajaran pemangku kepentingan di masing-masing daerah. "Nobar itu juga mengundang stakeholder dan warga sekitar," kata Anam yang juga mantan Komisioner KPU Surabaya ini.

Pihaknya berharap dengan adanya acara nonton bareng ini akan sekaligus menjadi ajang pendidikan politik kepada masyarakat. "Acara ini sebagai bagian dari pendidikan politik serta sosialiasi kepada para pemilih," katanya.

Pihaknya menghimbau pemilih untuk mencermati masing-masing program Calon Presiden yang nantinya akan dipaparkan pada debat tersebut. Dengan memahami janji dan program andai terpilih, pemilih diharapkan tak akan kesulitan untuk menentukan pilihan pada pemungutan suara nantinya.

"Sehingga dengan antusuiasme terhadap program capres yang bersangkutan akan sekaligus meningkatkan partisipasi di pemilu mendatang," kata Anam yang membawahi divisi data dan informasi KPU Jatim ini.

Untuk diketahui, debat pertama pasangan calon presiden (capres) 2019 antara Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan dilaksanakan Kamis, 17/1/2019 di Hotel Bidakara, Jakarta. Berlangsung sejak pukul 19.00 WIB, acara ini akan disiarkan secara langsung oleh beberapa stasiun televisi, di antaranya Kompas TV.

Adapun tema yang akan dibahas pada debat pertama ini adalah hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), korupsi, dan terorisme.

Rencananya, debat capres akan dilakukan lima kali hingga masa pemungutan suara, 17 April 2019 mendatang.

Berita Populer