•   Sabtu, 18 Januari 2020
Pilpres 2019

KPU Jatim Baru Tuntaskan Rekap 23 Kabupaten/Kota

( words)
Suasana rapat pleno terbuka proses rekapitulasi penghitungan suara hasil Pemilu 2019 tingkat provinsi di Hotel Singgasana Surabaya, Selasa (7/5).


SURABAYAPAGI.com - Selama Minggu - Selasa (5-7 Mei) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur sudah menyelesaikan proses rekapitulasi Penghitungan Hasil Perolehan Suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Tingkat Provinsi, yaitu sebanyak 23 Kabupaten/kota di Jawa Timur.
Ketua KPU Jatim, Choirul Anam ditemui di sela - sela rekapitulasi Penghitungan Hasil Perolehan Suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Tingkat Provinsi di Singgasana Hotel, Selasa (7/5) mengatakan di hari pertama pelaksanaan rekapitulasi penghitungan perolehan suara, Minggu (5/5), KPU Jatim menuntaskan rekapitulasi penghitungan perolehan suara di tujuh kota di Jawa Timur. Antara lain Kota Kediri, Kota Blitar, Kota Probolinggo, Kota Pasuruan, Kota Mojokerto, Kota Madiun, dan Kota Batu.
Sementara pada hari kedua, hingga Senin (6/5) KPU Jatim menuntaskan rekapitulasi untuk delapan kabupaten. Delapan kabupaten itu antara lain Nganjuk, Ngawi, Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Gresik, Lumajang, dan Pacitan.
Untuk hari Selasa (7/5) pembacaan hasil rekapitulasi Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Kediri, Bondowoso, Ponorogo, Jember, dan Banyuwangi. Total baru 23 Kabupaten Kota yang sudah di rekap. "KPU menargetkan Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara di tingkat provinsi itu akan tuntas pada 9 Mei besok," ujar Anam.
Terkait hasil 15 Kabupaten/kota yang sudah direkap di Hari Minggu dan Senin lalu, untuk Pemilihan Presiden, ia mengatakan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf Amin unggul telak dengan memperoleh 67,5 persen suara untuk sementara di Jawa Timur.
Sedangkan, pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 02, Prabowo-Sandi hanya mendapat 32,5 persen suara. Hingga hari kedua pasca rekapitulasi dimulai Minggu (5/5) lalu, total ada 6.225.729 surat suara sah yang telah dihitung. Pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin untuk sementara mendapatkan 4.205.621 suara. Sedangkan Prabowo-Sandi mendapatkan 2.020.108 suara.
Data dari KPU Jatim, Jokowi-Ma’ruf Amin menang di 14 kabupaten/kota. Sementara Prabowo-Sandi baru menang di 1 kabupaten/kota. Kemenangan tertinggi Jokowi-Ma’ruf Amin ada di Kabupaten Nganjuk dengan meraih 80,3 persen sedangkan sisanya menjadi suara Prabowo-Sandi. Sedangkan untuk Prabowo-Sandi juga menang cukup telak di Kabupaten Pacitan dengan meraih 66,5 persen suara. n rko

Berita Populer