KPU Minta Pemkab Sediakan Sekretariat

SURABAYA PAGI, Sidoarjo - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sidoarjo meminta kepada pemkab supaya memberikan fasilitas ruangan sekretariat yang ada di masing-masing kecamatan menyusul pelaksanaan pemilihan kepala daerah di Sidoarjo pada 23 September mendatang.
Ketua KPU Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, M Iskak, Jumat (17/1) mengatakan, KPU adalah sebagai pelaksana pemilihan kepala daerah.
"Fasilitasi pelaksanaan Pilkada sepenuhnya oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Mulai dari anggaran maupun tempat pelaksanaannya," katanya saat melakukan pertemuan dengan Plt Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin di Pendopo Kabupaten Sidoarjo.
Pihaknya berharap fasilitasi pelaksanaan Pilkada dapat dilakukan sepenuhnya oleh Pemkab Sidoarjo. Fasilitas tersebut, tidak hanya di tingkat kabupaten saja tetapi sampai ditingkat desa, RW sampai RT.

"Fasilitas kantor sekretariat PPK di tiap kecamatan yang harus dipenuhi," ujarnya.
Pihak kecamatan, kata dia, diharapkan juga telah mempersiapkan calon sekretaris serta staf bagi kantor sekretariat PPK tersebut."Fasilitas lain yang tidak kalah pentingnnya adalah tempat menyimpan kotak suara yang harus tersedia," ujarnya.
Ia menyampaikan, beberapa bulan yang lalu pihaknya juga sudah berdiskusi dengan Pemkab Sidoarjo terkait fasilitasi anggaran Pilkada.

"Terkait anggaran tersebut sudah beres. Bahkan anggaran tersebut cukup," ucapnya.
Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo akan digelar tanggal 23 September 2020. Segala persiapannya sudah mulai dilakukan KPU Kabupaten Sidoarjo.
Sementara itu, Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin berharap pelaksanaan Pilkada nantinya dapat berjalan aman dan lancar.
"Persiapannya pun harus dimulai saat ini. Koordinasi seperti ini juga harus dilakukan karena pelaksanaannya lintas lembaga. Sinergitas sangat dibutuhkan bagi suksesnya pelaksanaan Pilkada nantinya," katanya.