•   Senin, 24 Februari 2020
Sport Arena

Kungfu Wushu Bakal Dikenalkan ke Afrika

( words)
Para siswa Sekolah Wushu China di Monrovia, Liberia, melakukan latihan sehari-hari. SP/cdly


SURABAYAPAGI.COM, Gaborone –Sebagai salah satu warisan budaya China, seni bela diri kungfu Wushu harus gencar dipromosikan dan dikembangkan karena seni bela diri ini bisa mengajarkan cara hidup sejak usia dini. Hal tersebut dikatakan oleh presiden Asosiasi Gaya Semua Budo Botswana, Thuto Thuto pada hari Sabtu.

Sebelumnya, Thuto melakukan pengamatan ini selama kompetisi peningkatan atlet kungfu wushu di Francistown, kota terbesar kedua di Botswana.

"Kungfu Wushu mengajarkan anak-anak untuk menjadi etiket, yang merupakan cara hidup. Etiket yang melebihi dan di atas, anak-anak menjadi disiplin, yaitu konsep tubuh, pikiran dan jiwa," kata Thuto dalam sebuah acara yang melihat lebih dari 60 anak ditingkatkan.

“Beberapa anak-anak diusia enam tahun sedang dilatih untuk menjadi atlet yang lengkap pada saat yang sama membangun kepercayaan diri mereka, ketekunan, kreativitas, keberanian dan upaya sehingga menjadi hormat dalam kehidupan” kata Thuto.

Dengan insiden ketidakdisiplinan yang tumbuh di sebagian besar sekolah-sekolah Botswana, Thuto yakin bahwa promosi dan pengembangan wushu di negara Afrika selatan akan berpengaruh besar dalam mengubah ketidaktaatan mereka.

Edward Scott, presiden Federasi Wushu Nasional Botswana, mengatakan ia mendirikan federasi dengan tujuan untuk mengidentifikasi, melibatkan, menyatukan, dan melegitimasi seni bela diri Tiongkok demi mempromosikan olahraga dan seni di Botswana.

"Kami ingin membangun generasi yang fokus, disiplin, dan penuh tekad yang akan membawa negara ini ke tingkat yang lebih tinggi. Dan itu hanya dapat dicapai jika wushu kungfu diperkenalkan kepada banyak anak sebanyak mungkin di Botswana," katanya.

Seni bela diri Tiongkok, dengan sejarah ribuan tahun, umumnya dirumuskan untuk alasan yang sama seperti hampir di semua tempat di dunia, untuk membantu berburu dan melindungi dari musuh.

Berita Populer