Lantamal V Anjangsana ke Keluarga ABK KRI Macan Tutul

Caption: Danlantamal V saat melakukan kunjungan di Kertajaya Surabaya. SP/ Dispen Lantamal V

 

SURABAYAPAGI,Surabaya - Menyambut Hari Dharma Samudera, Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V Laksamana Pertama (Laksma) TNI Mohamad Zaenal, S.E., M.M., S.Soc.,Sc melakukan anjangsana ke keluarga ABK KRI Macan Tutul, Rabu (13/01/2021).

Salah satu keluarga yang dikunjungi adalah Ny. Sumariah istri dari dari almarhum Pelda (Purn) Nyoman Tjang yang tinggal di wilayah Kertajaya Surabaya.

"Ini merupakan suatu bentuk perhatian TNI AL kepada para keluarga prajurit, terlebih para prajurit tersebut telah berjasa kepada TNI AL, TNI, Bangsa dan Negara," kata Danlantamal V Laksma TNI Mohamad Zaenal

Sebagai informasi, almarhum Pelda (Purn) Nyoman Tjang merupakan salah satu pelaku sejarah Pertempuran Laut Arafuru sekaligus mantan ABK KRI Macan Tutul.

"Kunjungan ini sekaligus merupakan rangkaian dalam peringatan Hari Dharma Samudera dimana Bapak Nyoman Tjang salah satu prajurit TNI AL yang ikut dalam pertempuran tersebut," katanya

Sementara itu, Ny. Sumariah mengapresiasi kunjungan yang dilakukan oleh Danlantamal V. Walau suaminya telah tiada, TNI AL tetap senantiasa peduli dengan keluarga mereka.

"Atas nama keluarga kami ucapkan terima kasih atas perhatian dari TNI AL semoga silaturahmi ini akan tetap selalu terjalin," kata Sumariah

Selain di Kertajaya Surabaya, anjangsana juga dilakukan di beberapa wilayah lainnya. Seperti di wilayah Magetan, Sidoarjo dan Mojokerto.

Untuk wilayah Magetan, anjangsana dilakukan oleh Asisten Potensi Maritim Danlantamal V Kolonel Laut (P) Dwi Yoga Pariyadi ke kediaman Ibu Sumini keluarga dari Almarhum Pelda Tarmudji. 

Sementara untuk wilayah Mojokerto, kunjungan tersebut dilakukan oleh Asiten Personel Danlantamal V Kolonel Laut (KH) Ambyah Wiharjono ke kediaman Ibu S. Hamzah, keluarga dari Almarhum Serka M. Saleh. 

Kunjungan terakhir dilakukan oleh Asisten Intelijen Danlantamal V Kolonel (Mar) Mikaryo Widodo kepada keluarga Almarhum Pelda Andrian yaitu Ibu Indarwati di wilayah Sidorajo. 

Perlu diketahui KRI Macan Tutul tenggelam dalam pertempuran Laut Arafuru pada 15 Januari 1962. Semua ABK KRI Macan tutul saat itu gugur dalam pertempuran tersebut. Bersamaan dengan itu gugur pula Komodor Yos Soedarso dan hingga saat ini peristiwa tersebut diperingati sebagai Hari Dharma Samudera.sem