Lantamal V Terima Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Sulbar dan Kalsel

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 19 Jan 2021 16:35 WIB

Lantamal V Terima Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Sulbar dan Kalsel

i

Caption: Serah terima bantuan kemanusian di Posko Lantamal V, Selasa (19/01/2021).SP/SAMMY MANTOLAS

SURABAYAPAGI,Surabaya - Posko Kemanusiaan untuk korban bencana alam Sulawesi Barat (Sulbar) dan Kalimantan Selatan (Kalsel) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V hari ini, Selasa (19/01/2021) menerima bantuan dari masyarakat dan instansi TNI AL.

Untuk bantuan dari unsur TNI AL diantaranya adalah Akademi Angkatan Laut, Komando Armada (Koarmada) III, Paguyuban Moro Cakra, Paguyuban Moro Tepat Ladies, Lantamal V, Koarmada II. Sementara bantuan masyarakat berasal dari Yayasan Rampe Cinta Indonesia.

Baca Juga: 300 Prajurit AL Ikut Donor Darah di Mako Lantamal V

"Bantuan yang terkumpul terdiri dari 9 bahan pokok, obat-obatan terbatas, perlengkapan ibu dan bayi, mie instan, beras, minyak goreng, susu bayi dan bahan lainnya," kata Danlantamal V Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal, SE., MM., M.Soc., Sc saat serah terima bantuan secara simbolik di Jala Jaya, JL Sarwajala, No.2, Ujung, Semampir, Surabaya, Selasa (19/01/2021).

Secara rinci bantuan tersebut terdiri dari 200 dus mie gelas, 100 dus mie goreng, 350 kg beras, pembalut dan pampers sebanyak 7 dos serta tenda 500 buah. Adapun bantuan berupa uang tunai sebanyak Rp.91.207.000 juta. 

Tak hanya itu, sebelumnya posko Lantamal V juga telah menerima bantuan berupa air mineral sebanyak 470 karton, 1.000 box teh, mie instan sebanyak 774 box, 1 ton gula pasir, minyak 1.000 liter, kopi 1.000 pack/500gr dan beras sebanyak 5,225 ton. 

Selain keperluan sembako ada pula beberapa alat kesehatan sebanyak 49 dos dan masker 10 dos."Ini merupakan wujud kepedulian kami kepada masyarakat yang terdampak musibah bencana alam," katanya.

"Hampir semua terpenuhi, karena bantuan ini sesuai permintaan dari masyarakat (...) sehingga tepat sasaran dan bermanfaat," tambahnya.

Sementara itu Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M. Tr (Han) mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan oleh Danlantamal V dalam menyikapi bencana alam yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

"Kami berterimakasih karena telah memberikan jalan kepada kami untuk berbagi bersama saudara kita di Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan," ucapnya.

Baca Juga: Covid-19 Naik, Rumkital Dr. Oepomo Dipindahkan ke Eks PX Jala Jaya

Sebagai informasi, Lantamal V telah membuka posko kemanusian untuk Mamuju sesaat pasca gempa berkekuatan magnitudo 6,2 SR menimpa wilayah Mamuju, Sulawesi Barat pada Jumat (15/01/2021) lalu.

Pembukaan posko tersebut berdasarkan instruksi dari Danlantamal V Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal, SE., MM., M.Soc., Sc. 

"Apa yang kami pembuat, tanpa ada Danlantamal V semuanya sia-sia," tambahnya lagi

Hal serupa juga disampaikan oleh Annatriana, Ketua Yayasan Seribu Cinta. Menurutnya dengan adanya posko bantuan yang dibentuk oleh Lantamal V membantu mereka untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan bagi para korban bencana alam.

Baca Juga: Gerak Cepat Lantamal V Bantu Korban Bencana Alam di Mamuju

"Total bantuan yang kami berikan bila dirupiahkan sebesar 25 juta. Bantuan itu terdiri dari beras 1 ton, susu untuk ibu hamil, susu bayi sabun, peralatan mandi, makanan, gula dan beberapa peralatan lainnya," kata Annatriana.

Bantuan yang telah terkumpul ini rencananya akan disalurkan melalui empat unsur Kapal Republik Indonesia (KRI). Keempat unsur KRI tersebut adalah KRI Teluk Semarang-594, KRI Oswald Siahaan-354, KRI Teluk Ende-571 dan KRI dr. Soeharso-990.

"Kami akan terus mengawal pendistribusiannya sehingga bantuan kemanusiaan ini sampai kepada para korban yang terdampak," kata Danlantamal V.

Perlu diketahui, posko Kemanusiaan Lantamal V, juga membuka Hot Line yang dapat dihubungi oleh masyarakat di nomor telepon 0812-5489-3030 dan 0813-4194-3686 guna memudahkan warga yang akan memberikan bantuannya untuk masyarakat Sulbar dan Kalsel.sem

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU