•   Rabu, 16 Oktober 2019
Kuliner

Legitnya Gula Aren Khas Probolinggo

( words)


SURABAYAPAGI.com, Probolinggo - Enau atau aren (Arenga pinnata, suku Arecaceae) tumbuh subur di Kecamatan Pakuniran, utamanya di wilayah selatan-timur. Meski tumbuh liar tanpa dibudidayakan secara intensif, tumbuhan ini menjadi sumber kehidupan warga sekitar.
Ada 8 desa yang menjadi sentra tanaman aren, yakni Desa Pakuniran, Gunggungan Kidul, Kedung Sumur, Ranon, Kertonegoro, Gondosuli, Kalidandan dan Blimbing. Oleh warga, pohon aren dimanfaatkan untuk menunjang ekonomi keluarga. Seperti sapu dari ijuk aren, pemanfaatan buahnya menjadi kolang-kaling. Serta mengambil niranya untuk dijadikan menjadi gula aren.
Di Desa Gunggungan Kidul, pengolahan gula aren telah dilakukan secara turun-temurun (home industry). Ada sekitar 130 warga yang terlibat dalam industri rumahan tersebut. Di desa ini, luas areal pertanaman aren mencapai 450 ha dengan populasi rerata 35-50 pohon/ha. Sementara produksi niranya rerata 10-15 liter per pohon per hari pada pohon yang produktif.
Pengrajin gula aren menyadap pohon aren antara 20 – 25 pohon/hari yang dilakukan pada pagi dan sore. Dari 25 pohon itu, nira yang sudah diolah akan menghasilkan gula skitar 25 kilogram. Artinya air nira dari 1 pohon aren, ketika diolah akan menghasilkan 1 kilogram gula aren.
Dengan bahan baku melimpah serta tersedianya kayu bakar dari alam, usaha pengolahan gula aren sangat potensial dikembangkan. Dalam sebulan, minimal pengrajin gula aren memproduksi gula aren sebanyak 150 bungkus (isi 10 buah). Dengan harga jual Rp. 10.000 per bungkus, maka seorang pengrajin mampu mendapatkan omset sebesar Rp. 1.500.000 per bulan.

Dengan adanya kelompok usaha itu, pengrajing gula aren, akan mendapat pendampingan, pelatihan dan bantuan dari organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Seperti dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo dengan memberikan pelatihan pembuatan gula aren kristal. Selain mendapatkan pelatihan, pengrajin juga mendapatkan bantuan mesin pengolahan gula aren menjadi gula aren kristal.

Berita Populer