•   Selasa, 31 Maret 2020
JawaTimur

Lokasi Pembangunan DC Strategis, PDAM Minta Warga Tak Menolak

( words)
Spanduk warga Pondok Jati menolak pembangunan DC PDAM


SURABAYAPAGI.com, Sidoarjo - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Delta Tirta Sidoarjo tetap membangun DC di lahan fasum perumahan Pondok Jati. Manajemen PDAM memiliki alasan kuat untuk mempertahankan rencana pembangunan Distribution Center (DC) di bekas lahan Fasilitas Umum (Fasum) Perum Pondok Jati, Desa Pagerwojo, karena lokasinya sangat strategis dibandingkan lokasi lainnya yang sebelumnya sempat menjadi alternatif itu.
Hal ini lantaran arealnya mencukupi dan posisinya berada di tengah-tengah dan berdekatan langsung dengan pipa saluran air Umbulan dari Pasuruan ke Sidoarjo dan Surabaya yang alirannya melalui sepanjang jalur tol Sidoarjo - Pasuruan.
"Kami tetap bertahan rencana pembangunannya di lokasi lama itu karena memang posisi lokasinya sangat strategis. Kemudian Fasum itu sudah menjadi milik Pemkab Sidoarjo karena sudah diserahkan pengembang sejak Tahun 2017 kemarin," tegas Pjs Dirut PDAM Delta Tirta Sidoarjo, Abdul Basit Lao, Senin (4/3/2019).
Menurut Basit alasan lainnya adalah karena pihak PLN sudah memastikan dan memberikan kajian soal Super Tegangan Ekstra Tinggi (Sutet) di lokasi itu sudah dinyatakan aman. Bahkan untuk masalah Ruang Terbuka Hijau (RTH) di lokasi pembangunan DC itu dijamin bakal tetap ada serta dijamin semakin asri dari sekarang ini.
"Apalagi sekarang mayoritas masyarakatnya menerima atas rencana pembangunan DC itu. Kami pun memberikan jaminan sumber air Umbulan sangat berkualitas," tegasnya.
Oleh karenanya, pihaknya berharap warga yang masih menolak rencana pembangunan DC mau menerimanya. Alasannya, lantaran DC itu digunakan untuk kepentingan umum masyarakat Sidoarjo terutama para pelanggan PDAM Delta Tirta Sidoarjo.
"Karena pembangunan itu kan untuk kepentingan bersama dan kepentingan masyarakat umum. Bukan untuk kepentingan pribadi. Saya berharap semua mau menerimanya," tandasnya.
Rencana Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Delta Tirta Sidoarjo untuk membangun Distribution Center (DC) di lahan bekas Fasum Perum Pondok Jati, Desa Pagerwojo, Kecamatan Buduran, Sidoarjo masih terganjal ijin warga. Ini menyusul, pasca pertemuan antara Komisi A DPRD Sidoarjo, PDAM dan warga yang menolak rencana pembangunan itu rekomendasinya belum dijalankan.
Begitu juga dalam pertemuan antara Pemkab Sidoarjo, PDAM Delta Tirta dan perwakilan warga serta RT dan RW di Kafe Ali Pondok Jati, Jumat (1/3/2019) malam masih belum maksimal. Rapat yang diwakili para Asisten Pemkab Sidoarjo berakhir tanpa membuahkan hasil. sg

Berita Populer