•   Selasa, 17 September 2019
SGML

Lomba Masak, Sup Bekel ala Bluluk Keluar Sebagai Juara

( words)
Bupati Lamongan H Fadeli bersama istri saat melihat dari dekat karya kuliner yang dilombakan di Pendopo Lokatantra setempat. FOTO:SP/MUHAJIRIN


SURABAYA PAGI, Lamongan - Lomba masak serba ikan tingkat Kabupaten di Pendopo Lokatantra Lamongan, telah memilih Sup Bekel (belut kelor) kresi dan inovasi dari Kecamatan Bluluk keluar sebagai juara.
Lomba untuk menyambut Hari Jadi Lamongan ke 450 tersebut juga mengusung tema utama untuk menurunkan angka stunting melalui inovasi menu keluarga.
“Tidak hanya menjaring pemenang, event ini juga mendukung program Kabupaten Lamongan untuk menurunkan angka stunting,” ujar Bupati Fadeli.
Di sisi lain, dia juga menyambut baik event seperti ini karena dapat menumbuhkan kreatifitas dan keberagaman menu keluarga. Karena menu yang baik adalah tampilan yang menarik, rasa yang enak dan nilai gizi yang mencukupi.
“Jangan berhenti di tingkat kabupaten saja, jika perlu agar dilaksanakan event serupa di tingkat desa hingga RT. Karena dengan lomba seperti ini dapat menumbuhkan kreatifitas ibu-ibu untuk menciptakan menu keluarga,” imbuh dia.
Sementara itu, Suyatmoko, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan mengungkapkan, bahwa juara pada Lomba Masak Serba Ikan di tingkat kabupaten tersebut akan diikutsertakan pada event di tingkat Provinsi Jawa Timur.
Untuk lombakali ini, tim juri yang terdiri dari Ahli Perikanan Universitas Hang Tuah, Chef Ambasador Mie Burung Dara dan perwakilan dari Perhimpunan Chef Profesional Indonesia (PCPI) memutuskan pemenang Lomba masak Serba Ikan untuk kategori Kudapan dari Kecamtan Mantup.
Kemudian juara I untuk menu Balita oleh Kecamatan Deket, dan Juara I untuk kategori menu keluarga dari kecamatan Bluluk.
Kecamatan Bluluk mengangkat komoditi dari daerahnya. Seperti mie ubi ungu, Sup Bekel, perkedel simbukan lele, dan pie belalang.jir

Berita Populer