Longsor di Situbondo Terjang Rumah Warga

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 20 Jan 2021 11:41 WIB

Longsor di Situbondo Terjang Rumah Warga

i

Longsor di Situbondo yang menimpa rumah warga. SP/ DECOM

SURABAYAPAGI.com, Situbondo - Bangunan plengsengan sepanjang 10 meter dengan tinggi 5 meter di Dusun Curah Guno Desa Lubawang Kecamatan Banyuglugur, tiba-tiba longsor akibat diguyur hujan dengan intensitas yang tinggi. Selain itu, longsoran plengsengan tersebut juga menimpa rumah warga.

Menurut Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono, beberapa bagian rumah milik Nuradin (40), warga setempat, mengalami kerusakan parah. Beruntung, saat kejadian rumah sedang kosong karena penghuninya sedang keluar.

Baca Juga: Rumah Warga di Bojonegoro Terancam Longsor Tergerus Banjir Bengawan Solo

"Tidak ada korban jiwa maupun cedera. Hanya kerusakan material saja. Satu rumah tertimpa longsor di bagian dapur hingga rusak di beberapa bagian," katanya, Rabu (20/1/2021).

Selain menimpa satu rumah, longsor plengsengan juga mengancam dua rumah milik warga. Masing-masing milik Dimas (40) dan Safira (30). Karena, lokasi plengsengan longsor itu hanya berjarak sekitar 1 meter di belakang rumah keduanya. Dikhawatirkan, jika hujan terus mengguyur longsor akan terus menggerus tanah di dekatnya.

Baca Juga: Penurunan Stunting di Situbondo Lampaui Target Nasional

"Tadi kami sudah meminta agar warga waspada. Kalau bisa, sebaiknya mengungsi ke tempat aman dulu, khususnya kalau turun hujan," tambah Puriyono.

Menurut dia, longsor plengsengan terjadi saat hujan intensitas tinggi mengguyur wilayah tersebut, pagi tadi. Diduga karena tekstur tanah yang gembur, sehingga menimbulkan longsor. Plengesengan yang terpasang sepanjang 10 meter, tiba-tiba ambrol hingga ke kedalaman 5 meter.

Baca Juga: BPBD Probolinggo Serahkan Bantuan Logistik Kepada Korban Longsor

Praktis, longsor plengsengan itu menimbulkan suara gaduh yang cukup keras. Warga yang mendengar langsung berlarian keluar rumah mencari asal suara. Setelah dilihat, ternyata plengsengan yang membatasi ketinggian rumah warga telah mengalami longsor. Dsy8

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU