•   Jumat, 15 November 2019
Internasional

Luncurkan Penyiar Berita Berbasis AI

( words)
Perbandingan model manusia dan komputer ultra-realistis berbasis kecerdasan buatan (AI) sebagai penyiar berita.


SURABAYAPAGI.com - Kantor berita China melakukan terobosan baru dengan menggunakan model yang dihasilkan komputer ultra-realistis berbasis kecerdasan buatan (AI) sebagai penyiar berita.
Dalam sebuah video pendek, model AI bernama Xin Xiaomeng itu memperkenalkan diri kepada pemirsa dan mengumumkan bahwa ia akan membuat debut profesionalnya sebagai pembawa berita pada bulan Maret nanti.
Dia dikembangkan oleh kantor berita milik pemerintah yang bekerja sama dengan perusahaan teknologi Sogou. Tampilan dan suaranya terinspirasi dari penyiar Xinhua bernama Qu Meng. Belum diketahui apakah Xin dapat membawakan berita dalam bahasa lain selain bahasa China.
Model AI wanita ini diluncurkan tiga bulan setelah peluncuran dua model AI pria sebagai penyiar berita yang hingga kini terhitung telah menyajikan lebih dari 3.400 laporan berita dengan total lebih dari 10.000 menit panjangnya. Kala itu peluncuran model AI pria juga dilakukan lewat sebuah video pendek, salah satu model AI yang terkenal bernama Xin Xiaohao.
"Mulai sekarang, daripada bekerja di belakang meja, saya akan menyiarkan berita di depan meja," kata Xiaohao dalam perkenalan saat itu, Selasa (26/2).
Meskipun saat ini belum benar-benar mirip dengan penyiar manusia, performa mereka telah terlihat begitu realistis. Sebagai contoh, mereka tidak pernah lupa memberikan isyarat dan tidak pernah gagap.
Kemunculan model AI ini dipandang sebagai terobosan baru di bidang teknologi, di sisi lain keberadaan mereka dipandang sebagai ancaman bagi lapangan kerja manusia di masa depan

Berita Populer