•   Selasa, 31 Maret 2020
Pendidikan

MABA Unitomo Peduli Lingkungan Melalui Fashion Show

( words)
Aksi para maba Unitomo saat fashio show


SURABAYAPAGI-Surabaya : Kali ini mahasiswa baru (maba) Tahun Akademik 2019/2020 Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) menyelesaikan pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) dengan menyelenggarakan fashion show (peragaan busana) pada Rabu, (28/08/2019 ) di kampus Unitomo Surabaya.

Kegiatan peragaan busana maba Unitomo ini dirancang dengan tujuan agar mahasiswa sebagai agen perubahan lebih peduli terhadap kebersihan lingkungannya terutama bagaimana memanfaatkan barang-barang bekas. Sedangkan bahan busana yang dipamerkan di ajang ini adalah berasal dari berbagai bahan bekas yang sudah tidak terpakai seperti koran, botol plastik, sedotan plastik, kemasan sachet kopi dan permen dan tentu saja melalui sentuhan kreasi pewarnaan. Diikuti 10 peserta yang merupakan perwakilan dari masing-masing kelompok.

“Maba sangat antusias terlibat dalam pembuatan rancangan busana ini. Mulai dari ide, mencari barang bekas hingga proses perancangan busananya. Dan yang penting adalah bagaimana mengimplementasikan ide kreatif mereka untuk memanfaatkan barang bekas menjadi sesuatu yang lebih berguna,” ujar Dicky mahasiswa FIA Unitomo.

Ditemui sela-sela acara Restiana Tuta Melawati Rahayu salah satu maba asal Mangarai Timur dari kelompok Sagu yang memperagaakan busana barang bekas ini menuturkan lamanya waktu pengerjaan busana ini sekitar 3 hari. Dan mereka bebas memilih tema dan bahan apa yang disuguhkan.

“Kami lebih memilih koran sebagai bahan utama busana ini pertimbangannya karena koran pasti mudah di dapat dimana-mana,”tutur Restiana

“Kami tidak sekedar membuat busana dari koran semata tetapi sebetulnya ada pesan yang kami sampaikan disamping selalu menjaga lingkungan tetap bersih, sebagai mahasiswa membaca koran itu sangatlah penting. Disamping menambah wawasan juga melatih berpikir analitis dan kritis. Tidak hanya itu koran juga mampu dimanfaatkan menjadi produk kreasi baru," pungkasnya.

Seperti diketahui PKKMB Unitomo yang diikuti oleh 1000 mahasiswa baru ini telah dilaksanakan sejak Senin (26/08/2019) sampai dengan Rabu (28/08/2019). Adapun selama 3 hari tersebut kegiatan maba banyak diisi dengan materi pembekalan motivasi kreatif sebagai mahasiswa, kebangsaan dan belanegara, leadership, ESQ dan demo unit kegiatan mahasiswa. Selanjutnya para maba Unitomo akan mengikuti kegiatan Orientasi Fakultas (Orfak) pada Kamis (29/08/2019) sampai dengan Jumat (30/08/2019) dan seluruh rangkaian kegiatan maba ini rencananya akan ditutup oleh Rektor Unitomo pada malam Inagurasi Jumat (30/08/2019) mendatang. noe/jul

Berita Populer