•   Selasa, 22 Oktober 2019
Fashion

Mahasiswa STIE Perbanas Surabaya Ciptakan Bedak dari Kulit Telur

( words)
Nur Maghfirotul Auliyah dan Rica Kurnia, mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Perbanas Surabaya membuat bedak kecantikan dengan bahan dasar kulit telur di Kampus Perbanas. FOTO : SP / Byob


SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Sebuah ide innovative dari mahasiswa STIE Perbanas Surabaya yang memanfaatkan limbah menjadi barang yang bernilai. Memanfaatkan barang yang dianggap sampah yakni Kulit/Cangkang Telur menjadi Produk Kecantikan berupa Bedak Tabur.

Ide ini muncul bermula dari sampah Cangkang Telur yang berserakan dan menjadi limbah. Melihat kondisi tersebut. Nur Maghfirotul Auliyah bersama, Yusril Izza, dan Rica Kurnia Ramadani. Auliyah bersama temannya mencoba menguji laboratorium cangkang telur untuk mengetahui kandungan. Akhirnya, telah ditemukan kandungan kalsium karbonat (CaCO3) 94,47 % dan kolagen 0, 012%. Keduanya cocok untuk produk kecantikan.


Image

Untuk membuat produk yang diberi nama “Ray Beauty” berkomposisi Kulit Telur, Tepung Beras, dan Bubuk Kunyit. Prosesnya, kulit telur dibersihkan dari kotorannya hingga bersih menggunakan air dan direbus di air yang sudah mendidih. Selanjutnya proses direndam dengan perasan air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis dari kulit telur. ”Kulit telur tersebut dikeringkan di bawah sinar matahari dan diblender sampai halus dan menjadi bubuk,” paparnya.

Pada proses akhir dicampurkan dengan tepung beras dan bubuk kunyit sebagai pewarna alami. Untuk setiap kemasan pun dibuat dengan 25 gram dan dijual seharga harga Rp 20 ribu rupiah. Auliyah mengklaim, produk Bedak Kulit Telurnya ini sangat bermanfaat, seperti: mencerahkan kulit wajah, mengurangi flek hitam, wajah tampak lebih halus, mencegah penuaan dini, dan lainnya. Iker

Berita Populer