•   Rabu, 29 Januari 2020
Kuliner

Makanan Filipina yang Hebohkan Sea Games

( words)
Kikiam, Nasi, dan Telur disajikan untuk atlet SEA Games 2019


SURABAYAPAGI.COM – Let Dimzon, pelatih tim football wanita Filipina memamerkan menu sarapan mereka. Nemu sarapan ia dan sebagian besar pemain adalah nasi, kikiam, dan telur.

Kikiam adalah sejenis jajanan pinggir jalan (street food) di Filipina. Camilan ini sebenarnya mirip dengan otak-otak. Namun dalam versi lain ada juga yang mirip dengan ngo hiang.

Kikiam atau yang juga disebut sebagai quekiam ini biasanya dijual oleh penjaja kaki lima yang mendorong gerobak kayu dengan penggorengan di dalamnya. Ketika ada yang membeli, si pedagang akan langsung menggorengnya.

Kikiam ini biasanya dijual bersamaan dengan penjual bola ikan atau udang yang ditusuk-tusuk seperti sate. Ketika akan disantap, kikiam ini akan diberi tambahan saus celup antara lain cuka pedas, sweet brown gravy, sweet and spicy brown gravy.

Pada dasarnya kikiam atau quekiam ini memiliki bahan dasar daging babi cincang yang dicampur udang cincang. Bumbu yang digunakan adalah bawang bombai, bawang putih, wortel, tepung maizena, dan lima bumbu dasar.

Kikiam ini mirip seperti sosis. Makanan ini aslinya berasal dari China. Beberapa negara di sekitarnya pun mengadopsi resepnya, salah satunya Filipina yaitu kikiam, dan Indonesia yang diberi nama Ngo hiang.

Berita Populer