Maling Kotak Amal Ketangkap Gegara Jaket Loreng

Polisi menunjukkan barang bukti dan pelaku saat rilis di Mapolsek. SP/Septyan

 

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya – Unit Reskrim Polsek Rungkut Surabaya mengamankan Orysta Setyoko warga Desa Nglumber, Kepoh, Bojonegoro.

Dari informasi yang didapat, pemuda berusia 28 tahun itu adalah maling kotak amal di dua masjid di wilayah Surabaya Timur. Pelaku sendiri diamankan petugas saat hendak beraksi di wilayah Rungkut, Surabaya pada Jum’at (2/10) dini hari.

“kami tangkap setelah berhasil mengidentifikasi ciri-ciri pelaku melalui rekaman CCTV di dua masjid sebelumnya,” kata Kapolsek Rungkut, AKP Hendry Ibnu didampingi Kanit Reskrim Polsek Rungkut Iptu Joko Soesanto, Selasa (6/10).

Saat diamankan, pelaku awalnya mengelak. Namun petugas tak kekurangan akal. Petugas meminta pelaku menunjukkan tempat kosnya.

Dari tempat kosnya polisi menemukan bukti tak terelakkan. Yaitu, jaket loreng milik pelaku. Jaket tersebut digunakan pelaku saat beraksi dan terekam kamera CCTV.

"Pas ketangkap kedapatan bawa tas dan linggis kecil. Namun ngakunya dia kuli bangunan, kami akhirnya meminta menunjukkan tempat tinggalnya dan kami geledah sampai temukan jaket yang digunakan saat beraksi sebelumnya," tambahnya.

Dalam melancarkan aksinya, pelaku berpura-pura beribadah. Setelah situasi kondusif (masjid sepi) pelaku langsung mencongkel kotak amal dengan peralatan yang telah ia siapkan.

"Awalnya pura-pura shalat. Kalau sudah aman dan sepi saya mulai mencongkel pakai linggis dan obeng. Uangnya buat bayar hutang," akunya.

Dari dua kotak amal tersebut, pelaku berhasil menggasak uang sebesar Rp 1,7 juta. tyn