Mandiri Region VIII/Jawa 3 Siapkan Rp 6,6 Triliun Untuk Hadapi Nataru

Surabaya, SURABAYAPAGI.com -Bank Mandiri Region VIII/Jawa 3 dengan wilayah operasional Propinsi Jawa Timur membukukan kinerja dan pertumbuhan yang positif pada tahun 2019, dengan Pencapaian Dana Pihak Ketiga yang mampu tumbuh 4,3%.

Posisi September 2019 (yoy) dan penyaluran kredit yang tumbuh 14,5% tumbuh di atas rata-rata market Jawa Timur yang tumbuh 7% pada September 2019 (yoy).

Pertumbuhan transaksi Bank Mandiri pada tahun 2019 juga cukup tinggi, diantaranya transaksi EDC yang tumbuh 10,41% yoy, transaksi Jalan Tol yang tumbuh 15% (yoy), dan transaksi mandiri online yang tumbuh 176% (yoy).

Untuk mencukupi kebutuhan masyarakat pada saat perayaan Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Bank Mandiri Region VIII/Jawa 3 telah menyiapkan dana tunai sebesar Rp. 6,6 triliun atau sekitar Rp 220 miliar per hari. Dana yang disiapkan selama periode 2 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020 tersebut meningkat 12% dibandingkan periode tahun lalu.

Regional CEO Bank Mandiri Region VIII / Jawa 3, R. Erwan Djoko Hermawan menyatakan bahwa dari besaran tersebut, sekitar 85% dialokasikan untuk kebutuhan dana di mesin ATM, sedangkan 15% untuk kebutuhan di kantor cabang.

Erwan juga menyampaikan bahwa saat ini, Bank Mandiri Regional VIII/Jawa 3 memiliki 2.327 ATM Mandiri yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Jawa Timur untuk melayani kebutuhan dana tunai nasabah.

“Mengantisipasi kenaikan transaksi nasabah via mesin ATM pada musim libur nanti, sejak tanggal 9 Desember sampai dengan 31 Desember 2019, kami akan melakukan optimalisasi limit pengisian ATM. Langkah ini akan dilengkapi dengan penerapan sistem monitoring kecukupan uang dan operasional mesin-mesin ATM agar dapat terus memenuhi kebutuhan masyarakat”, ujar Erwan.

Di samping jaringan ATM, pihaknya juga telah menyiapkan jaringan elektronik banking, seperti fasilitas Mandiri Online, SMS Banking dan Call Center 14000 untuk membantu nasabah melakukan transaksi keuangan, termasuk pembayaran kewajiban bulanan.

Seluruh layanan perbankan 24 jam ini menyediakan sarana yang memungkinkan nasabah bertransaksi dengan nyaman dan aman berupa informasi rekening, transaksi transfer, transaksi pembayaran listrik, air, telepon/handphone, kartu kredit, tiket pesawat dan kereta api, pajak, pendidikan, asuransi, televisi berlangganan, internet, atau pembelian isi ulang pulsa.

“Pada libur bersama tanggal 24 - 25 Desember 2019, dan 1 Januari 2020, kami mengoperasikan sebanyak 18 cabang di seluruh Jawa Timur secara bergantian untuk memberikan layanan secara terbatas, termasuk pembayaran delivery order oleh SPBU Pertamina. Rinciannya, 16 cabang pada tanggal 24 - 25 Desember dan 12 cabang akan buka pada tanggal 1 Januari 2020”, tambah Erwan kembali.

Untuk menyempurnakan layanan kepada masyarakat Jawa Timur, Bank Mandiri juga telah mempersiapkan layanan Mandiri Mobile yang tersebar pada 8 titik pada ruas tol dan total eMoney yang dipersiapkan untuk seluruh Jawa Timur sebanyak 8 ribu kartu.

“Layanan kami siapkan sejak Tanggal 21 Desember hingga 1 Januari 2020. Semoga upaya ini bermanfaat dan memberi kenyamanan bagi para pemudik saat menikmati arus mudik dan juga arus balik saat melewati Jawa Timur,” sambung Erwan.

"Dalam menghadapi tantangan ekonomi tahun 2020, di tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil, kami tetap optimis akan mendukung proyeksi bisnis yang telah ditetapkan manajemen dengan terus meningkatkan produktivitas dari awal tahun" tutup Erwan.