Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan Ibu dan Janin

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 26 Nov 2020 09:40 WIB

Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan Ibu dan Janin

i

Buah Nangka. SP/ Desy

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Buah Nangka mengandung asam folat, vitamin A, C, niasin, riboflavin, tiamin, kalium, magnesium, kalsium, zat besi, seng, fosfor, vitamin dan mineral. Nangka juga memiliki kadar sodium, kolesterol dan lemak jenuh yang rendah.

Konsumsi Nangka dalam jumlah besar atau pada orang yang memiliki riwayat sakit maag bisa menyebabkan perut kembung, peningkatan asam lambung, atau kambuhnya penyakit maag. Wanita hamil cenderung lebih mudah mengalami peningkatan asam lambung.

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pasien Lansia ke RSUD Grati Naik Signifikan

Oleh sebab itu, ada baiknya untuk membatasi makanan yang bisa meningkatkan asam lambung termasuk Nangka.

Kandungan serat alami dalam buah Nangka juga bisa membantu tubuh Ibu melindungi selaput lendir pada usus, serta mengikat kandungan kimia yang dapat menjadi penyebab kanker usus besar.

Hal ini berpengaruh positif pada perkembangan janin dalam kandungan. Sebab, makin baik sistem pencernaan Ibu, penyaluran gizi penting untuk tumbuh kembang janin dalam kandungan tentu bisa lebih optimal.

Selain itu, konsumsi kalsium harian Ibu perlu ditingkatkan. Sebab, tak hanya Ibu, si Kecil juga butuh asupan kalsium agar proses pembentukan tulang dan giginya di dalam kandungan berlangsung dengan baik.

Baca Juga: RSUD Bangil Miliki Gedung Instalasi Farmasi dan Dropzone Instalasi Gawat Darurat

Nangka juga mengandung senyawa magnesium yang dapat membantu mengoptimalkan penyerapan kalsium dalam tubuh Ibu, sehingga kebutuhan Ibu dan janin terhadap kalsium bisa tercukupi.

Di samping itu Angka juga dapat meningkatkan suplai energi di tubuh sebagai salah satu bentuk persiapan untuk melahirkan. Dengan tingkat energi yang baik, Ibu akan tetap bisa melakukan aktivitas penting jelang melahirkan, termasuk berolahraga. Tak hanya membuat tubuh Ibu lebih siap jelang persalinan, tetap aktif bergerak juga  membantu Ibu terhindar dari kebosanan sehingga mood senantiasa baik.

Memiliki kandungan sukrosa dan fruktosa yang merupakan bentuk sederhana dari gula, Nangka jadi salah satu pilihan asupan tepat bagi Ibu untuk meningkatkan energi tubuh tanpa khawatir menyebabkan penumpukan lemak.

Baca Juga: Cek Kesehatan Gratis, Balai RW 02 Pos Mawar 1 Dukuhsari Jabon Gelar Posyandu Lansia

Karena berpotensi mengurangi aliran darah ke plasenta, hipertensi jadi salah satu kondisi yang tergolong berbahaya bagi calon buah hati Ibu. Saat darah yang mengalir ke plasenta berkurang, tak hanya kekurangan nutrisi, janin juga berisiko kekurangan suplai oksigen. Hal ini bisa menyebabkan si Kecil terlahir dengan berat badan rendah atau kemungkinan lahir prematur.

Beruntungnya, Nangka bisa membantu Ibu mencegah hipertensi selama kehamilan. Dengan kalium yang dikandungnya, Nangka membantu menjaga keseimbangan kalsium, magnesium, potasium, dan garam dalam tubuh sehingga tegangan pada pembuluh darah arteri dapat diminimalisir dan risiko hipertensi pun menurun. Dsy4

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU