•   Sabtu, 7 Desember 2019
Agrobisnis

Mangga Harum Manis Jombang Tembus Pasar Amerika dan Singapura

( words)


Surabaya Pagi, Jombang - Mangga harum Jombang mulai tembus luar negeri. Kelezatan mangga Harum Manis asal Jatim tidak hanya menarik masyarakat Indonesia, tapi juga Amerika dan Singapura. Berdasarkan data perkarantinaan, sejak 2017 Mangga Harum Manis Jatim berhasil menembus pasar Singapura dan Amerika.

Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian kembali melepas 6 ton mangga Harum Manis asal Jombang ke Singapura. Dengan total nilai ekonomi sebesar Rp174,4 juta rupiah.

Kepala Karantina Pertanian Surabaya Musyaffak Fauzi mengatakan, tahun ini ekspor mangga mengalami kenaikan cukup signifikan dari tahun sebelumnya. Tahun 2018 ekspor mangga tercatat 1 ton, sedangkan tahun ini mencapai 6 ton.

"Pada 2018 negara tujuannya Amerika oleh CV. Tawon Mas, sedangkan 2019 oleh CV. Buah Sejati ke Singapura. Jadi sebenarnya eksportasi sejak 2017 dilakukan oleh perusahaan yang berbeda-beda. Pada 2017 dilakukan oleh CV. Agro Bintang Sejahtera," kata Musyaffak, Minggu (1/9/2019).

Permintaan Singapura terhadap mangga ini, kata dia, cukup besar yaitu 50 ton per bulan. Namun hanya bisa terpenuhi 6 ton. Ini artinya, masih terbuka kesempatan yang luas bagi pengusaha atau petani termasuk generasi milenal untuk melakukan ekspor mangga ke Singapura.

Sementara itu, Faisal eksportir dari CV. Buah Sejati mengatakan Karantina Pertanian Surabaya sangat mendukung kegiatan ekspor ini. Salah satunya, dengan memberikan kemudahan pelayanan pada saat proses pemeriksaan dan sertifikasi mangga harum manis ini.

Sertifikasi itu, merupakan jaminan dari pemerintah bahwa mangga yang diekspor bebas dari lalat buah (Bactrocera dorsalis), sehat, dan aman dikonsumsi. Ini menjadi syarat dari Singapura yang harus dilengkapi.

"Untuk ekspor kali ini, CV. Buah Sejati bermitra dengan para petani mangga harum manis di Jombang. Ke depan diharapkan dapat bermitra dengan petani di wilayah lain di Jatim. Sehingga permintaan ekspor Singapura yang mencapai 50 ton per bulan dapat terpenuhi," kata Faisal.

Faisal mengungkapkan, ciri khas mangga harum manis itu sendiri adalah berbentuk jorong, berparuh sedikit dan ujungnya meruncing. Dengan pangkal buahnya berwarna merah keunguan, sedangkan bagian lainnya berwarna hijau. jb-01

Berita Populer