•   Senin, 16 Desember 2019
SGML

Mantan Orang Dekat Gus Ipul, Laporkan Dugaan Bagi-bagi Uang ke Panwas

( words)
Muslich mantan orang dekat Gus Ipul ini saat melaporkan perangkat desa ke Panwas dalam acara yang dihadiri oleh Gus Ipul.


Sebanyak Tiga Perangkat Desa Dilaporkan, Saat Acara Dihadiri Gus Ipul

SURABAYA PAGI, Lamongan - Lagi suhu politik jelang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur di Lamongan terus memanas. Bila sebelumnya tim pasangan Gus Ipul-Mbk Puti melaporkan dugaan adanya petugas PKH mengarahkan memilih Khofifah-Emil ke Panwas, kini giliran tim pemenangan Khofifah-Emil melaporkan dugaan bagi-bagi uang dalam acara perangkat desa di rumah Makan Aqila Lamongan.Pelaporan terhadap dugaan money politik itu dilakukan oleh tim pemenangan Khofifah -Emil, yang diwakili oleh Muslich yang didampingi sekretaris pemenangan wilayah Lamongan, Khoirul Huda. Keduanya ini adalah baik pelapor maupun sekretaris pemenangan Khofifah-Emil adalah mantan orang dekat Gus Ipul saat masih menjadi Wakil Gubernur aktif.
Dua tokoh muda yang kini menyeberang dan mendukung Khofifah-Emil adalah, keduanya masih aktif sebagai pengurus GP Ansor Jatim, bahkan beberapa hari yang lalu mendesak digelarnya Konferwil, karena ketua non aktif GP Ansor Jatim diduga sibuk untuk mensukseskan pasangan Gus Ipul-Puti.
"Saya melaporkan tiga perangkat desa, saat acara di rumah makan Aqila, karena diacara itu ada dugaan bagi-bagi uang, dan acara nya sendiri dihadiri oleh Gus Ipul, padahal libur nasional adalah tidak diperbolehkan kampanye, "kata Muslich kepada wartawan.
Padahal lanjutnya, perangkat desa yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Lamongan, adalah sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), yang tidak diperbolehkan terlibat dalam politik apalagi ikut mendatangi kampanye sampai menerima uang."PPDI itu perangkat desa dan termasuk ASN, harusnya memberi contoh yang baik, bukan malah terlibat kampanye dan menerima uang, "jelasnya.
Laporan tersebut dilengkapi dengan barang bukti diantaranya berupa rekaman video dan sejumlah foto.“Kita berharap, Panwas segera menindaklanjuti laporan itu karena ada dugaan pelanggaran pemilu” tegas Sekertaris Pemenangan Pasangan Khofifah-Emil di Lamongan, Khoirul Huda pada sejumlah awak media di depan Kantor Panwaskab Lamongan.
Sebenarnya, lanjut Huda, panggilan Khoirul Huda, banyak sekali relawan yang ingin melaporkan berkenaan dengan acara PPDI di rumah makan Aqila tersebut .“Namun karena masalah sama, jadi saat ini saya mengantarkan salah satu saja untuk melaporkan kejadian itu” ungkap Huda.
Sementara itu, Ketua Panwaskab Lamongan, Toni Wijaya, menjelaskan pihaknya akan menangani laporkan tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku. “Laporan tersebut akan diproses sesuai dengan mekanisme perundang-undangan," kata Toni Wijaya menegaskan.
Pihaknya akan langsung melakukan pemeriksaan kepada para saksi pelapor, untuk dimintai klarifikasi atas laporan ini. "Hari Senin (4/6) kami akan memeriksa saksi pelapor untuk klarifikasi," pungkasnya, tanpa memberikan keterangan apa sanksi yang didapat Paslon kalau terbukti melakukan dugaan money politik. jir

Berita Populer