Melandai, Warga Gresik Terpapar Covid-19 "Hanya" 7 Orang

Data sebaran pasien covid-19 di Gresik

SURABAYAPAGI.COM, Gresik - Setelah dua hari dikejutkan dengan penambahan pasien konfirmasi positif dalam jumlah besar,  kini kondisinya mulai mereda.

Kendati masih ada warga Gresik yang terpapar virus corona atau Covid-19 namun jumlahnya sudah menurun drastis. Jika dua hari belakangan terjadi penambahan 27 dan 29 pasien baru, hari ini (23/5) "hanya" ada 7 orang yang tercatat hasil swab test-nya dinyatakan positif.

Juru bicara satuan gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Gresik drg Saifudin Gozali melalui Kabaghumas dan Protokol Setkab Reza Pahlevi dalam pers rilisnya, mengungkapkan, dari 7 orang pasien baru konfirmasi positif pada Sabtu (23/5) ini,  seorang di antaranya sudah meninggal dunia.

Pasien meninggal berasal dari Desa Drancang, Kecamatan Menganti. "Beliau meninggal di sebuah rumah sakit di Surabaya," ungkap Reza.

Sementara ke-6 pasien baru lainnya berasal dari desa dan kecamatan yang berbeda.

Rinciannya 2 orang dari Desa Sidowungu, Kecamatan Menganti. Lalu 2 orang dari Kecamatan Manyar, masing-masing dari Desa Karangrejo dan Desa Manyarejo.

Selanjutnya seorang dari Desa Mojopuro, Kecamatan Bungah, dan seorang lagi dari Desa Gadung, Kecamatan Driyorejo.

Pasien terakhir asal Desa Gadung, kemarin dilaporkan meninggal sebelum hasil swab test-nya keluar. Pada hari ini hasil pemeriksaan itu sudah keluar A1dan dinyatakan positif.

"Sehingga pasien ini dilaporkan sebagai konfirmasi positif meninggal," tulis Reza dalam pers rilisnya kepada para awak media Sabtu sore (23/5).

Selain itu juga dilaporkan adanya koreksi pasien konfirmasi positif asal Desa Pongangan, Kecamatan Manyar. Setelah dilakukan tracing, ternyata pasien berasal dari Kabupaten Sidoarjo. Sehingga pasien ini dikeluarkan dari data pasien konfirmasi positif asal Gresik.

Dengan penambahan sekaligus adanya koreksi pasien konfirmasi positif pada hari ini maka total warga Gresik yang sudah tertular virus corona mencapai 127 orang.

Terkait penambahan pasien konfirmasi positif hari ini, menurut Reza, masih berasal dari klaster besar. Yakni, dari klaster Surabaya, Pasar Ayam Desa Sidowungu dan Pasar Pabean Surabaya. did