•   Rabu, 16 Oktober 2019
PERISTIWA

Mengandung Listeria, Pemerintah Indonesia Larang Makan Rockmelon

( words)
Buah Rockmelon


SURABAYAPAGI.com - Melon sudah lama jadi buah favorit orang Indonesia. Akan tetapi, Anda harus waspada dengan cemaran bakteri listeria di dalam buah melon asal Australia yang belakangan ini ramai.
Pekan lalu, muncul kabar kalau buah melon dari Negeri Kanguru itu dideteksi tercemar bakteri berbahaya. Menteri Pertanian New South Wales melarang distribusi buah berjenis rockmelon yang banyak tumbuh di sana ke negara manapun.
Kemudian, kabar itu ditindaklanjuti oleh Kementerian Pertanian RI, dengan Keputusan Menteri Pertanian Nomor 237/KPTS/KR.050/4/2016 tentang pengawasan sistem keamanan pangan segar atau tumbuhan yang berasal dari Australia, rockmelon atau cantaloupe termasuk jenis PSAT dalam pengakuan. Pemerintah juga membatasi impor buah in ke Indonesia, karena bisa memicu penyakit.
"Kami memperketat pengawasan dan kewaspadaan terhadap masuknya buah utuh atau buah potong rockmelon atau cantaloupe dari Australia. Sebelum masuk harus diuji laboratorium atas dasar temuan listeria," isi informasi dari keterangan pers, Kamis (8/3/2018).
Sementara itu, pengujian dilakukan di laboratorium yang sudah terakreditasi. Adapun temuan listeria yang ditemukan jenisnya yakni listeria monocytogenes. Kalau ditemukan patogen itu, buah melon harus dimusnahkan.
"Apabila ditemukan cemaran listeria monocytogenes pada buah rockmelon atau cantaloupe, maka dilakukan tindakan pemusnahan dan notifikasi ke negara asal," imbuhnya.
Besar kemungkinan masyarakat Indonesia konsumsi melon itu. Apalagi, buah tersebut banyak tersedia di negara tetangga, Singapura dan Malaysia.
Rata-rata buah melon itu dijual di supermarket dan beberapa pasar tradisional. Karenanya, Anda harus teliti membeli melon, atau kalau perlu menghindari sampai pemerintah New South Wales mencabut pelarangan distribusi buah melon, sampai dinilai aman. (oz/02)

Berita Populer