•   Senin, 6 April 2020
Kesehatan

Mengenal Apa Itu Prosopagnosia Atau Kebutaan Wajah

( words)
ilustrasi


SURABAYAPAGI.COM,- Prosopagnosia adalah ketidakmampuan untuk mengenali wajah seseorang. Orang dengan prosopagnosia dapat mengetahui bentuk wajah dan mereka bahkan dapat mengidentifikasi setiap bagian dari wajah (misalnya, hidung, mulut, dll). Namun, mereka tidak dapat memberi tahu Anda milik siapa wajah tersebut.

Sejauh ini mereka masih belum mampu mengidentifikasi penyebabnya, dan masih belum ada cara untuk menyembuhkannya.

“Pilihan terbaiknya sekarang adalah bagi para pasien untuk menghubungi para peneliti yang tertarik untuk mempelajari kondisi mereka. Masih sangat banyak yang kita belum ketahui, termasuk banyaknya orang yang mengalaminya, sehingga kita memang harus lebih banyak melakukan penelitian,” ujar Punit Shah, seorang peneliti dari University of Bath di Britania Raya.
Kondisi neurologis yang menyebabkan prosopagnosia belum dipahami dengan baik.

Satu teori menyebut bahwa kondisi ini merupakan suatu kelainan, kerusakan, atau gangguan pada gyrus fusiform bagian kanan otak. Ini merupakan bagian dari otak yang mengkoordinasikan sistem saraf yang mengontrol persepsi wajah dan memori.

Penelitian telah menunjukkan bahwa otak memproses gambar wajah dengan cara yang berbeda dengan ketika ia memproses gambar objek lainnya. Ada beberapa ketidaksepakatan dalam literatur ilmiah tentang apakah prosopagnosia adalah gangguan umum atau masalah spesifik pada wajah.

Berita Populer