Mengenal Peninggalan Benteng Dapeng dan Kota Kuno China

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 18 Sep 2020 14:43 WIB

Mengenal Peninggalan Benteng Dapeng dan Kota Kuno China

i

Kota Dapeng terletak di Desa Pengcheng, Kota Dapeng, Distrik Baru Dapeng, Longgang, Shenzhen. SP

SURABAYAPAGI.com, China - Kota Dapeng terletak di Desa Pengcheng, Kota Dapeng, Distrik Baru Dapeng, Longgang, Shenzhen. mencakup area seluas 110.000 m² dan dibangun pada tahun ke-27 Ming Hongwu (1394 M). diatas tanah seluas itu pada masa dinasti Ming dan Qing di benteng militer pesisir Cina selatan dengan 600 tahun sejarah muncul beberapa pahlawan nasional dan jenderal seperti Ryan Jue, Lai Xinyang, Laien Xi, dan Liu Qi Long.

Kota Dapeng saat ini masih mempertahankan gerbang kota antik, menara kastil, jalan-jalan  rumah kuno. Di sini Anda dapat melihat banyak potret mantan jenderal, serta peninggalan budaya terkait pertahanan laut.

Gerbang Selatan Dapeng adalah pintu masuk utama ke kota kuno, Awalnya ada empat gerbang dan seiring waktu telah mengalami banyak perang dan perubahan karena perbaikan. Pada tahun 1984, Pemerintah Kota Shenzhen mengalokasikan 200.000 yuan untuk memperbaiki gerbang selatan dan gerbang timur Dapeng dan Saat ini, orang dapat melihat penampilan megah dari Dinasti Ming berupa kota tua yang sebagian besar tembok kotanya tidak lagi terlihat.

Masih di Gerbang Selatan kota kuno terdapat bangunan halaman khas dari tengah Qin Dynasty yang merupakan kediaman Jenderal Liu Qilong, laksamana Angkatan Laut Fujian di Dinasti Qing. Tembok timur memiliki panjang 18 meter. Tembok barat memiliki panjang 30 meter dan lebar 30 meter. Luas bangunan 510 meter persegi. Bagian depan gerbang memiliki judul " (Umum)".

Di kawasan ini juga terdapat Istana Tianhou yang Terletak di jalan Dapeng, Pengcheng Street, sebelum Ming Yongle (1403-1425 tahun). Istana sekaligus kuil ini didedikasikan untuk dewa perlindungan di laut yang meliputi area seluas lebih dari 200 meter².

Disana juga terdapat Gudang Dapeng, Rumah Tradisional Rakyat dan Menara Beacon. Bangunan hunian yang telah berdiri sejak zaman Dinasti Ming dan Qing kuno ini berjajar baris demi baris dalam  jalan sempit dan lorong-lorong dihiasi dengan lempengan batu dan style untuk halaman, pintu dan jendela yang unik. Menurut statistik survei, ada 17 bangunan rumah kuno dengan peninggalan budaya penting di kota Dapeng ini.

Tak hanya itu, disana juga terbangun Diaolou sebuah bangunan pada masa pemerintahan Kaisar Kangxi dari Dinasti Qing (1662-1723 M) yang kini telah dibangun kembali. Kompleksnya yang besar dan megah nampak terawat baik. Ukiran kayu dari aula leluhur aula belakang sangat lengkap dengan skala keindahan yang sangat langka dilengkapi dengan Adanya sejumlah besar patung di sebelah tenggara mansion. Dsy14

 

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU