•   Selasa, 19 November 2019
Ekonomi NKRI

Menjaga Penyaluran kredit dan DPK, Bank Jatim Raup Laba Rp 816,42 M

( words)
Bank Jatim, SP


SURABAYAPAGI.com – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (Bank Jatim) mengakhiri semester pertama tahun ini dengan membukukan laba bersih sebesar Rp816,42 miliar, atau naik 7,67 persen secarayear-on-year (yoy).

Direktur Keuangan Bank Jatim Ferdian Timur Satyagraha mengatakan bahwa laba tersebut merupakan dampak positif dari terjaganya pertumbuhan penyaluran kredit dan penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) yang moderat, yang membuat perolehan laba sesuai dengan target yang ditetapkan dalam rencana bisnis.

"Target pertumbuhan laba kami tahun ini di kisaran 7,5 persen (yoy) dan perolehan semester I/2019 sesuai target kami," katanya, dilansir dari Bisnis, Rabu (24/&).

Segmen pendorong pertumbuhan adalah komersial dan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang pertumbuhannya masing-masing mencapai 17,72 persen yoy dan 11,63 persen yoy. Adapun segmen konsumer, yang menjadi andalan dan berkontribusi hingga 61 persen, hanya tumbuh 4,33 persen.

Sementara itu, DPK tercatat sebesar Rp57,93 triliun atau meningkat 17 persen secara tahunan pada periode Januari-Juni 2019. Simpanan berjangka menjadi penopang setelah tumbuh 20,38 persen, tetapi komponen simpanan berbiaya murah (Current Account Saving Account/CASA) juga mampu naik 15,6 persen.

"Dengan demikian,cost of fund masih bisa kami jaga di kisaran 3 persen," ujar Ferdian.

Berita Populer