•   Rabu, 16 Oktober 2019
Ekonomi NKRI

Menko Darmin Optimis Pertumbuhan Ekonomi Sesuai Target, Tapi...

( words)
Menko Perekonomian Darmin Nasution | Setkab.go.id


SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengaku yakin pertumbuhan ekonomi negara bakal tetap berada di sekitar 5 persen. Pada tahun 2019 ini, Pemerintah RI tengah membidik pertumbuhan ekonomi bisa mencapai angka 5,2 persen. Padahal, sebelumnya pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi berada di kisaran 5,3 persen.

"Pertumbuhan ekonomi tetap dapat kita raih, walau level tumbuhnya tidak sampai terlampau tinggi jika dibandingankan dengan negara lain," cetus Darmin dalam sebuah agenda rapat koordinasi nasional Tim Pengendali Inflasi Pusat dan Daerah di, Hotel Sahid, Jakarta, Kamis (25/7/2019).

Dia menyontohkan, pada tahun 2018 lalu, pertumbuhan ekonomi bangsa tetap bisa dipertahankan di angka 5 persen. Padahal, keadaan ekonomi ketika itu sedang dihempas sejumlah keadaan eksternal, seperti trade war antara Tionkok dan Amerika Serikat.

"Pada tahun 2018 silam, pertumbuhan ekonomi Indonesia 5,17 persen serta triwulan I 5,07 persen," papar Darmin.

Menurut Darmin, pertumbuhan ekonomi yang realatif tinggi itu dibarengi dengan kualitas yang terus membaik pula. Hal tersebut dapat dilihat dari menurunnya level kemiskinan, pengangguran, kesenjangan hingga pengendalian inflasi.

Sebelum ini, Badan Anggaran (Banggar) DPR RI dan pemerintah setuju target pertumbuhan ekonomi tahun 2019 ini berada pada kisaran 5,2 persen. Di sisi lain, Menkeu Sri Mulyani mengatakan, proyeksi pertumbuhan ekonomi itu harus ditinjau dari segi permintaan dan produksi. Menurut Sri Mulyani segi permintaan investasi dan konsumsi sendiri masih belum menunjukkan gejala postif.

Berita Populer