Menristek/BRIN Melaunching Robot KECE Generasi-2 Unesa

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 17 Sep 2020 20:24 WIB

Menristek/BRIN Melaunching Robot KECE Generasi-2 Unesa

SurabayaPagi, Surabaya - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menggelar kegiatan bertema Rumah Inovasi Unesa dengan melakukan beberapa terobosan dibidang teknologi inovasi. Dihadiri secara virtual oleh Menteri Riset Teknologi/BRIN Republik Indonesia, Prof. Bambang Brojonegoro, Ph.D, Unesa resmi melaunching beberapa produk andalan. 
 
Dalam sambutannya, Menristek/BRIN menyampaikan apresiasi atas prestasi Unesa selama ini dalam bidang inovasi. Terlebih  naiknya peringkat Unesa ke-19 pada klasterisasi perguruan tinggi yang dilakukan Kemendikbud tahun 2020.
 
Dalam acara tersebut Unesa melaunching beberapa produk inovasi diantaranya ialah, Grand Launching Robot KECE Generasi-2 (Kreatif, Energik, Cakap, dan Elegan) yang merupakan pengembangan dari Robot KECE sebelumnya yang telah diberikan kepada Gubernur Jawa Timur untuk Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Jalan Indrapura Surabaya. Robot KECE G2 ini dilengkapi dengan berbagai fitur yag menarik dan teknologi yang canggih.
 
Dalam sambutannya, Rektor Unesa, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes. menjelaskan bahwa robot generasi kedua ini selain dapat berfungsi untuk mengantar alat medis, makanan, serta melakukan sterilisasi ruangan pasien Covid-19, robot KECE G-2 itu dilengkapi dengan sensor yang bisa mendeteksi suhu tubuh dan detak jantung pasien Covid-19 dan juga musik untuk terapi pasien.
 
Selain itu, juga dilengkapi alat yang dapat mengukur kadar oksigen dalam darah dan detak jantung pasien Covid-19. Hasil pemeriksaan dapat diketahui realtime bagi pasien yang menggunakan alat tersebut. Rektor Unesa juga menyampaikan masih disiapkan Robot KECE Generasi 3 yang bisa masuk ke kamar pasien Covid-19 sesuai instruksi yang diberikan.
 
Pada acara Grand Launching Robot KECE G2 ini, Unesa juga launching Drone KECE. Drone KECE juga dipersembakan Unesa untuk Indonesia. Drone KECE yang dapat menyemprotkan desinfektan ini sangat berguna di masa pandemi seperti sekarang ini. Drone KECE berkapasitas 16 liter dan dapat menjangkau seluas 1 ha.
 
Ada juga beberapa produk unggulan inovasi lainnya. Diantaranya produk KECE Body Temp Check Generasi 1. Pintu pengecekan suhu tubuh ini dapat diketahui langsung hasilnya. Selain itu juga ada prototipe Motor Listrik KECE dengan spesifikasi yang sudah canggih. Selain prototipe Motor Listrik KECE, juga prototipe Mobil Listrik KECE yang dapat melaju pada kecepatan 65 km/jam dan dapat bertahan selama 10 jam. 
 
Ada juga knalpot sepeda motor ramah lingkungan filter udara mobil tipe siklon, batik tanah, Handsanitez dengan nano silver, Signalom (sistem bahasa isyarat yang mudah diikuti oleh anak berkebutuhan khusus), dan aplikasi permainan bola voli berbasis android. By

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU