•   Rabu, 26 Februari 2020
Peristiwa Nasional

Menteri PUPR Ingin Segera Selesaikan Proyek Waduk Cibeet

( words)
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.


SURABAYAPAGI.COM-Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengaku berjanji akan membangun dua waduk baru di Kabupaten Bogor. Ia menargetkan proyek tersebut bisa terealisasi tahun depan.

"Kita bangun dua-duanya (Cibeet dan Cijuray) kalau dibutuhkan rakyat nanti. 2021 kita bangun, paling lama 2024 selesai. Gak harus bersamaan, tapi dua-duanya," ujar Basuki di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (16/1/2020).

Ada beragam alasan mengapa terjadi penolakan terhadap proyek bernilai Rp 800 miliar tersebut. Di antaranya, keberadaannya hanya bermanfaat sebagai pengendali banjir untuk kawasan industri di Karawang dan Bekasi.

Di sisi lain, proyek yang berlokasi di antara Kecamatan Cariu dan Tanjungsari itu dianggap bisa menenggelamkan sembilan desa serta lahan pertanian yang menjadi mata pencaharian warga.

Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan penolakan warga Kecamatan Cariu dan Tanjungsari terhadap proyek waduk Cibeet dilakukan karena dianggap manfaatnya bukan untuk warga sekitar. Mengingat, fungsi Waduk Cibeet untuk pengendali banjir di hilir.

"Justru yang dibutuhkan mereka Waduk Cijuray karena kemanfaatannya untuk warga di Cariu dan Tanjungsari. Karena setiap tahun itu pasti kekeringan. Jadi mereka butuh untuk cadangan pengairan sawah," ujar Ade.

"Jadi mereka (warga) butuh pengairan sawah. Kalau menang masyarakat ingin setuju dan digiring untuk setuju, dibuatkan waduk Cijurey, sehingga masyarakat yakin punya kepentingan sawahnya," imbuh Ade Yasin.

Usulan mengenai Waduk Cijurey pun akan dipertimbangkan untuk dibangun. Hanya saja, ia akan meninjau skala prioritas serta urgensi waduk mana yang didahulukan.

"Mana yang harus lebih dulu (dibangun)? Pasti kan dua-duanya kalau itu dibutuhkan rakyat. Jadi dengan demikian 2021 (diharapkan bendungan) bisa dibangun dan 2023 paling lama 2024 bisa selesai," ujarnya.

Menanggapi hal itu, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengaku ingin segera merampungkan Waduk Cibeet. Pasalnya, hal ini merupakan rangkaian untuk mengatasi masalah banjir di Jawa Barat.

Berita Populer