•   Jumat, 13 Desember 2019
Ekonomi China

Menuju Fase Satu, China Desak AS Hapus Tarif

( words)
Presiden China, Xi Jinping. SP/Lp6


SURABAYAPAGI.com - Menuju kesepakatan perang dagang fase satu, China ajukan perminataan yang mendesak AS agar AS segera menghapus semua tarif dagang yang berlaku sejak bulan September lalu.

Permintaan China untuk menghapus tarif 1 September sebelumnya dilaporkan oleh Politico, mengutip sumber. Surat kabar Financial Times juga melaporkan Gedung Putih mempertimbangkan apakah akan menurunkan tarif 1 September, yang mencakup beberapa item pakaian, televisi layar datar, pengeras suara, dan headphone Bluetooth.

Seseorang yang akrab dengan posisi negosiasi Beijing mengatakan bahwa Tiongkok terus menekan Washington untuk “menghapus semua tarif sesegera mungkin.”

Terlepas dari itu, kesepakatan fase satu ini akan ditandangani akhir bulan November tahun ini oleh Trump dan Xi di lokasi yang belum ditentukan, secara luas isi kesepakatan itu diperkirakan akan mencakup janji AS untuk membatalkan tarif yang dijadwalkan berlaku pada 15 Desember dengan nilai sekitar 156 miliar dolar, termasuk ponsel, computer laptop dan mainan.

Sumber lain juga mengatakan bahwa negosiator China mendesak Washington menurunkan tarif 15% terhadap barang-barang China senilai US$ 125 miliar yang berlaku sejak 1 September. China juga meminta pelonggaran untuk tarif 25% yang sebelumnya dikenakan terhadap produk senilai US$ 250 miliar untuk mesin dan semikonduktor untuk furnitur.

Berita Populer