Merasa Berkecukupan, 3 Orang di Jombang Kembalikan Bansos

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 18 Mei 2020 00:52 WIB

Merasa Berkecukupan, 3 Orang di Jombang Kembalikan Bansos

i

Tiga orang Desa Tanjung Wadung, Kecamatan Kabuh, yang mengembalikan bansos dari Kemensos. (SP/Istimewa)

SURABAYAPAGI.COM, Jombang - Warga Desa Tanjung Wadung, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, menerima bantuan sosial tunai dari Kemensos RI pada Minggu, (17/5/2020) yang dimulai pukul 15.00 WIB sampai jelang buka puasa.

Pencairan bansos untuk warga terdampak Covid-19 tersebut, dilaksanakan di Balai Desa Tanjung Wadung yang dilakukan oleh perwakilan PT Pos Indonesia. Namun dalam pencairan itu ada yang berbeda. Pasalnya, terdapat tiga orang yang menolak dan mengembalikan bansos dari Kemensos tersebut.

Baca Juga: Pemkab Gresik Salurkan Bansos Kepada Warga

Mereka yaitu Suliatun (47), Sutiyah (37), dan Katini (76). Ketiganya merupakan warga Desa Tanjung Wadung. Mereka mengembalikan bansos itu karena merasa sadar diri dan merasa tidak berhak menerimanya.

Suliatun mengatakan, dia mengembalikan bansos dari Kemensos karena pendapatannya dan suaminya dirasa sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Saya berjualan sayur keliling. Kami berharap bantuan yang dikembalikan ini bisa disalurkan kepada yang lebih berhak. Alhamdulillah, Insya Allah kami sudah cukup," katanya, Minggu (17/5/2020).

Senada dengan Suliatun, Sutiyah pun mengungkapkan, bahwa dia merasa cukup untuk kehidupan sehari-harinya bersama keluarganya. Maka dari itu, dirinya dan suami telah sepakat.

"Saya dan suami sepakat mengembalikan bansos yang kami terima. Bukannya kami sombong, tapi masih banyak warga yang lain yang lebih berhak mendapat bantuan ini," ungkapnya.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Ratusan Warga Sumokembangsri Terima Bansos Beras

Sedangkan Katini, yang diwakilkan oleh anaknya, juga mengembalikan bansos dari Kemensos ini. Ketiga orang ini sudah sepakat menyatakan tidak ingin menerima bantuan itu.

Pencairan bansos tunai dari Kemensos tahap pertama ini, ketiganya mengambil bantuan. Setelah menerima, kemudian mereka menyerahkan ke Perangkat Desa Tanjung Wadung.

Kemudian, disusul dengan menyerahkan surat pengunduran diri bermaterai yang berisi pernyataan permintaan maaf karena menolak bansos dari Kemensos karena ada warga lain yang lebih membutuhkan. S

Baca Juga: Bansos Anak Yatim di Malang akan Naik

Kepala Desa Tanjung Wadung, Supono memberikan apresiasi atas sikap tiga orang warganya yang mengembalikan bansos karena merasa kondisinya sudah berkecukupan.

"Sikap seperti ini yang membuat kami bangga dengan adanya warga dengan inisiatif sendiri mengembalikan bansos tunai," ujarnya. Menurut Supono, ketiga warganya merasa sudah mampu, sehingga mengembalikan bantuan. Dan ia menegaskan, bahwa sikap seperti ini yang patut dicontoh.

"Saya berharap, data penerima bansos dari Kemensos kepada warga yang terdampak Covid-19 agar bisa segera diperbaiki oleh Pemkab Jombang maupun Kementerian Sosial.(suf)

Editor : Aril Darullah

Tag :

BERITA TERBARU