Mohamad Hosen : Jadi Camat Harus Cerdas Tangani Kasus

Camat Kangayan kepulauan Kab. Sumenep (ft. Ainur Rahman/ SP)

SURABAYA PAGI , Sumenep - Bertugas di Kepulauan itu harus di nikmati, sekalipun jarak tempuh perjalanan kapal laut seringkali terkendala dengan cuaca buruk yang mengakibatkan kapal tidak berlayar, namun berbeda dengan camat Kangayan kepulauan Kangean kabupaten Sumenep.

 Kepada Surabaya pagi ( 9/8) Mohammad Hosen mmenceritakan suka dukanya sebagai camat yang bertugas di kepulauan Kangayan. Secara totalitas Mohammad Hosen mengabdi di kepulauan, dari Camat Arjasa sampai Kangayan. ” Artinya saya hafal betul karakter warga di kepulauan” katanya.

 Warga di Kepulauan memiliki perbedaan dengan orang yang tinggal di daratan, bisa jadi dalam kultur budaya, atau letak geografisnya, namun memiliki visi misi yang sama karena satu kabupaten, jadi kata dia, karena kangayan dikelilingi lautan maka kesiapsiagaan sebagai aparatur kecamatan, Danramil, polsek, dalam penanganan dan percepatan kasus di pulau. 

 “Di kepulauan kangayan itu ada sembilan desa, dan  empat Desa itu masih menyebrangi lautan lagi, dan tidak ada sinyal jadi sulit komunikasinya, jadi kita harus siaga menangani persoalan jika di pulau, tapi saya menjalani penuh syukur, sehingga tak ada beban kesana-kemari meski harus menempuh perjalanan laut.” Kilahnya

 Hal ini tidak mudah, pasukan yang menangani persoalan itu hanya sedikit, sementara warga di kangayan, arjasa, dan sapeken saja itu kurang lebih sudah 19 ribua-an.” Makanya jika tidak menguasai strategi dalam melakukan eksekusi kasus bisa kewalawahan, sebab itu tadi, kepulauan ruang geraknya ke kabupaten menempuh perjalanan laut “ .tegasnya,

 Seperti kemarin ada peristiwa pembunuhan diatas perahu, hanya dalam wakti 1x24 jam pelaku pembunuhan langsung ditangkap dan diserahkan kepihak kepolisian polres Sumenep, ini saya kira penanganan kasus tercepat yang di lakukan pihak polsek dan kepala camat. “Jadi siapa yang bisa mencari pelaku wong di bunuh diatas perahu dan tidak ada saksinya, tapi pihak polsek dan camat tidak bodoh, jadi menggunakan kecanggihan IT” jelasnya.

 Sementara Kapolsek Kangayan Kab. Sumenep Ipda Agus Sugito, S.H, M.H, membenarkan kalau ada penangkapan pelaku pembunuhan diatas perahu yang dilakukan oleh Timnya. Ya benar dalam 1x24 Jam pelaku ditangkap, sekarang sudah ada di Polres. Katanya kepada surabaya pagi.

 “Untuk lebih jelasnya, krojologis kejadiannya sampean bisa langsung ke Kapolres melalui Kabag Humas polres Sumenep.” Pungkasnya. ( AR)