Muncul Klaster Baru di Sidoarjo

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 02 Jun 2020 14:34 WIB

Muncul Klaster Baru di Sidoarjo

i

Warga mengikuti test swab Covid-19 menggunakan mobil tes polymerase chain reaction di RSUD Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (28/5/2020). SP/ant

SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo – Virus corona di Sidoarjo kini terus meluas. Pasalnya, baru-baru ini muncul klaster baru dari Desa Wonocolo Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Di wilayah ini tercatat sebanyak 25 orang terkonfirmasi positif covid-19 dan lima warga meninggal.

Infeksi virus terhadap puluhan warga terjadi hanya dalam waktu sepekan terakhir. Desa yang berdekatan dengan Kota Surabaya itu diduga menjadi klaster baru penyebaran virus lantaran banyak warganya yang bekerja di Kota Pahlawan.

Baca Juga: Jelang MPLS 2023, SMP Tenggilis Jaya Surabaya Hanya Punya 1 Siswa

"Seluruh warga yang positif dan berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) menjalani perawatan medis di rumah sakit rujukan di Sidoarjo," ujar Wakil Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sidoarjo, Kombes Sumardji, Selasa (02/06/2020).

Selain itu, lanjut dia, ada empat orang dalam pemantauan (ODP) yang saat ini menjalani isolasi mandiri. Sumardji mengaku prihatin kesadaran warga akan bahaya virus masih minim. Hal ini terbukti dengan banyaknya masyarakat yang enggan mengenakan masker saat keluar rumah.

Baca Juga: Dokter Paru Mereaksi Jokowi Soal Endemi

 "Kami akan menerapkan Kampung Tangguh di Desa Wonocolo, sebagai upaya untuk mengajak warga bersama-sama menangani penyebaran covid-19," ujar Sumardji.

Ia memastikan akan mengawasi warga yang saat ini menjalani isolasi mandiri. Kebutuhan harian keluarga yang melakukan isolasi oun akan dipenuhi.

Baca Juga: Awas Covid-19 Varian Kraken, Tingkat Penularannya Cepat

Terkait penemuan klaster baru penyebaran covid-19 di Desa Wonocolo, tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sidoarjo akan melakukan pendataan serta kegiatan rapid test massal.sd01

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU