Muri Catat Rekor 'Grand Piano Pertama Buatan Indonesia'

author surabayapagi.com

- Pewarta

Sabtu, 03 Okt 2020 13:47 WIB

Muri Catat Rekor 'Grand Piano Pertama Buatan Indonesia'

i

Penyerahan piagam Muri Indonesia untuk "Grand Piano Pertama Buatan Indonesia" di Candi Bajang Ratu, Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto.SP/DWY

SURABAYA PAGI.COM, Mojokerto - Kabupaten Mojokerto menjadi saksi pencatatan Rekor MURI Indonesia untuk piano terbesar se Indonesia. Rekor ini diberikan kepada "Sjuman+Renanda SR1928 The Awakening Concert Grand Piano” dengan Saniharto’s Craftmanship sebagai objek rekor dengan tajuk rekor sebagai “Grand Piano Pertama Buatan Indonesia”.

Penyerahan piagam dilaksanakan di Candi Bajang Ratu, Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto oleh Senior Manajer Muri, Sri Widayati kepada Harsono Enggalhardjo, President Director PT Saniharto Enggalhardjo, Sabtu (3/10/2020) pagi. 

Baca Juga: Fashion Show di Kota Madiun Pecahkan MURI

Kepada Surabaya Pagi, Sri Widayati mengatakan, inibadalah Piano pertama buatan Indonesia yang berstandar Internasional. 

"Selama ini belum ada perusahaan manufaktur furnitur yang membuat piano di Indonesia. Dan ini bukan hanya piano biasa, melainkan Concert Grand Piano yang panjangnya 2,75 meter serta memiliki berat bersih 1 ton. Hebatnya lagi, piano ini memiliki keunikan pada tampilannya yang futuristik," ujarnya dengan disaksikan secara daring oleh Presiden Direktur Muri, Jaya Suprana.

Sri menambahkan, selain memiliki ukuran yang fantastis, piano berjuluk 'Sjuman+Renanda SR1928 The Awakening' ini semua sistem komponen yang berhubungan dengan suara menggunakan komponen piano terbaik dunia.

"Ini suatu kebanggaan bagi Indonesia, karena ada perusahaan lokal yang bisa memproduksi piano yang kualitas fisik serta suaranya menjadi yang terbaik di dunia," ucapnya.

Baca Juga: Gagal Curi Motor, Dua Pemuda di Kota Mojokerto Diringkus Warga saat Sembunyi dari Kejaran Polisi

Terpisah, Harsono Enggalhardjo, President Director PT Saniharto Enggalhardjo mengaku sengaja memilih lokasi Candi Bajang Ratu sebagai lokasi Rapsodia Nusantara dan Penyerahan Piagam Muri Indonesia. 

"Kami ingin mempromosikan salah satu pusaka peninggalan kerajaan mahapahit ini ke mancanegara. Karena selama ini, banyak warisan majapahit yang tidak dikenal secara baik di dunia," jawabnya.

Pria nyentrik berambut putih ini juga menjelaskan sebagai pemilik perusahaan furniture high-end yang biasa mensupply berbagai hotel bintang 5 ke atas dan juga private residence mewah di Indonesia dan berbagai penjuru dunia, SANIHARTO terus berinovasi seiring perkembangan desain dan trend dunia interior.

Baca Juga: Ratusan WBP Lapas Mojokerto Terima Remisi Khusus Idul Fitri

"Salah satu inovasi terbaru dari SANIHARTO adalah “SR1928 The Awakening Concert Grand Piano” hasil kerjasama dengan arsitek Raul Renanda dan musisi Aksan Sjuman," bangganya.

Ia juga menambahkan, selain melakukan seremonial penyerahan piagam Muri, ia juga menggelar  “Concert Grand Piano SR1928 The Awakening” yang dimainkan di Candi Gapura Bajang Ratu, Trowulan, Jawa Timur.

Konser bertemakan “The Birth Of Nusantara” ini menggaet komponis dan pianis, Ananda Sukarlan.  "Nanda juga akan ditemani oleh bintang tamu antara lain Rangga Suryanata, Finna Kurniawati, Ayunia Indri Saputro serta Gabriella Prisca Handoko keduanya adalah pemenang ASA 2016, dan pemenang Kompetisi Tembang Puitik Ananda Sukarlan, soprano Mariska Setiawan," pungkasnya. dwy

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU