•   Minggu, 15 Desember 2019
SGML

Orang Gila Banyak Gentayangan di Gresik

( words)
Ilustrasi.


SURABAYAPAGI.com, Gresik - Akhir-akhir ini banyak ditemukan penderita psikotik atau orang gila berkeliaran di Kabupaten Gresik, Jawa Timur.
Keberadaan orang gila itu selain meresahkan masyarakat juga bisa menimbulkan kesan buruk. Apalagi ada diantaranya yang tanpa busana.
Banyak pihak-pihak menyayangkan sikap instansi terkait yang terkesan membiarkan saja orang-orang gila tersebut berkeliaran tanpa ada penanganan. Pantauan di lapangan, sejumlah orang gila banyak berkeliaran di sekitar Jalan Panglima Sudirman, Pasar Gresik Kota, dan tempat-tempat terbuka lain.
Tidak heran jika ada sebagian warga menuding seolah Gresik tempat buangan orang gila. Tommy Sembayat, warga Manyar mengeluhkan keberadaan para gelandangan dan orang gila yang banyak ditemui di wilayah Gresik. Menurutnya, keberadaan mereka sangat mengganggu ketentraman warga.
Warga lain, Sriami (51), mengaku risih melihat orang gilang keliaran tanpa sehelai benangpun di badan. "Kalau bisa ada kebijakan khusus. Kalau hanya dirazia pasti balik lagi. Jumlahnya tidak turun malah bertambah," ujarnya kepada Surabaya Pagi, Senin (19/2/2018).
Dirinya meminta kepada dinas terkait melalui bagian Rehabilitasi dan Pelayanan Sosial Dinas Sosial setempat, untuk proaaktif menyikapi hal ini. "Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bisa mengambil tindakan terkait keberadaan orang gila tersebut," tambahnya. Kepala Dinas Sosial Gresik, Sentot Supriyohadi yang dikonfirmasi hal ini mengemukakan mengenai penertiban orang gila maupun gelandangan itu rana Satpol PP. Dinas Sosial tidak berkafasitas dieksekutor karena kewenangan dalam penegakan perda dan ketertiban umum adalah Satpol PP. "Kami kan kebagian direhabilitasinya. Untuk penertibannya tugas Satpol PP. Diminta atau tidak, itu sudah tufoksi mereka," kata Sentot. Mis

Berita Populer