•   Minggu, 8 Desember 2019
Pilpres 2019

Pakar: Prabowo malah Puji Prestasi Jokowi

( words)
Jokowi dan Prabowo Subianto


SURABAYA PAGI, Jakarta - Pakar politik Charta Politika, Yunarto Wijaya, terkesima atas kualitas debat kedua Pilpres 2019. Prabowo justru memuji prestasi Jokowi, sehingga lagi-lagi kemampuan Jokowi mengungguli capres Prabowo Subianto. Dan keunggulan Jokowi ini disumbang oleh pengakuan dan pujian Prabowo. "Kalau dilihat tadi Jokowi mengambil alih panggung di terakhir debat dengan dia menjelaskan kalau ada kekurangan ini juga koreksi itu yang secara emosional mencuri panggung. Itu tadinya dimainkan Prabowo dengan jargon-jargon dia," jelas pakar politik Charta Politika, Yunarto Wijaya, kepada wartawan, Minggu semalam.
Yunarto malah heran melihat Prabowo memuji Jokowi banyak sesi. Ini yang bikin Jokowi seolah unggul di babak keempat.
"Sisi lain, saya tidak mengerti kenapa Prabowo memuji Jokowi di setiap pertanyaan. Bahkan menyatakan seakan-akan sama tidak ada yang beda. Bahkan mengakui ini keberhasilan Jokowi. Karena Pak Prabowo menyampaikan sudah cukup dan dia mengatakan kita sama, mengapresiasi," katanya.
Padahal sebenarnya Jokowi dan Prabowo tak menjawab pertanyaan panelis. "Tapi keduanya tidak menjawab pertanyaan terkait dengan mulut tambang. Tidak menjawab substantif apakah izin di provinsi yang dulu di pusat ditinjau kembali atau tidak. Jadi dua-duanya tidak menjawab," pungkasnya. n

Berita Populer