•   Kamis, 21 November 2019
Surabaya

Pakde Karwo Tetap Dukung Lomba Kicau Burung

( words)
Gubernur Jatim saat menghadiri Pakde Karwo Cup di Lapangan Ubaya Tenggilis. Foto: SP/IST


SURABAYAPAGI, Surabaya - Ajang lomba kicau burung Tahunan Pakde Karwo Cup kemungkinan akan diganti dengan nama baru di tahun mendatang. Ini karena Soekarwo akan purna tugas Februari 2019 mendatang digantikan Khofifah Indar Parawansa.
Ketua Pelestari Burung Indonesia (PBI) Jatim Herry Sugiono mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian HUT Provinsi Jatim ke-73. Pesertanya dari Samarinda, Ujung Pandang, Bali, Sulawesi, Kalimantan, Jakarta, Bandung, Tasikmalaya, Bogor, Jogjakarta, Semarang, Surabaya, Malang, dan Balikpapan.
"Lomba ini meriah karena saking senangnya sama Pakde Karwo. Teman-teman penghobi yang datang ini banyak yang dari jauh. Ada yang datang dengan menyewa bus dari Bali, Jakarta, juga Bandung," kata Herry Sugiono, di Lapangan Ubaya Tenggilis, kemarin (14/10).
Ditegaskan pula, secara prinsip Pakde Karwo akan support terus lomba ini meski sudah tidak menjabat gubernur. Bahkan mungkin pula Pakde Karwo menggelar lomba tanpa embel-embel gubernur. "Bu Khofifah juga sudah setuju. Soal nama, idealnya nama Bude Khofifah Cup. Kalau Pakde Karwo berkenan maka akan ada dua event. Pakde Karwo Cup tanpa embel-embel gubernur," ujar politisi Partai Golkar ini.
Pejabat yang akrab disapa Pakde Karwo ini mengatakan, fenomena penangkaran burung berkicau jika dikelola dengan baik, maka bisa menguntungkan secara ekonomis, meningkatkan pendapatan masyarakat, bahkan sangat prospektif sebagai ajang bisnis. Lomba burung berkicau ini merupakan salah satu wujud nyata partisipasi masyarakat dalam rangka memberikan makna pada aspek pelestarian lingkungan dan sumber daya hayati.
Ke depan, meski jabatan Gubernur Jatim akan berakhir 2018, namun Pakde Karwo secara pribadi tetap support lomba kicau burung. "Pada prinsipnya dengan gubernur baru nanti tidak ada masalah. Saya akan tetap support agar lomba ini tetap berlanjut," tandas Pakde Karwo. rko

Berita Populer