Pameran HoS Kenang Tokoh Musik Indonesia

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Tidak hanya sebagai sarana hiburan, musik memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat misalnya sebagai media untuk berekspresi, menyuarakan pendapat, juga sebagai penyemangat.

Dalam rangka memperingati Hari Musik Nasional, Hos Sampoerna bekerjasama dengan Museum Musik Indonesia, dan beberapa museum lainnya serta Komunitas dan kolektor kaset lama menggelar pameran museum bertajuk merdeka bermusik.

Nantinya para kolektor ini akan memamerkan beberapa benda koleksi mereka seperti piringan hitam, kaset, alat musik, dan juga koleksi pribadi mereka. Koleksi tersebut dihadirkan untuk mendukung tema besar merdeka bermusik. Sebanyak lebih dari 250 koleksi akan ditampilkan untuk menunjukkan perjuangan musisi dalam bermusik era 1945-1998

Tidak hanya sebatas pameran, HoS juga akan menghadirkan beberapa musisi senior seperti Sylvia Saartje dan Susy Nander dalam pembukaan.

Manajer HoS, Rani Anggraini mengatakan, ini merupakan pameran indonesia bermusik ke dua untuk memperingati Hari Musik Nasional. Selain itu pameran musik ini juga turut meramaikan 75 tahun indonesia merdeka.

"Ini menjadi benang merah seluruh program yang kami gelar selama 2020. Di pameran ini pula kami mengangkat tokoh-tokoh musik Indonesia, yang melalui karyanya ikut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia," katanya.

Sementara itu Kepala UPTD Tugu Pahlawan, Museum Balai Pemuda dan THR, Rudi Ismet S.ST mengatakan, pameran merdeka bermusik ini tidak hanya sekedar untuk menunjukkan bahwa musik-musik berbentuk hardware seperti kaset, atau piringan hitam, tapi juga menunjukkan spirit untuk memberikan motivasi bahwa musik tidak hanya sekedar di dengarkan, tetapi juga ada penjiwaan didalamnya.

"Salah satu tujuannya memberikan edukasi pada pengunjung, bahwa tokoh-tokoh musik juga merupakan para pahlawan namun berbeda dengan mereka yang di medan perang. Dan di Indonesia punya banyak musisi hebat di jamannya," jelas Ismet.

Sebagi informasi, kegiatan tersebut berlangsung sejak 11 Maret hingga 26 April 2020 bertempat di Residence HoS.Indra