Pangdam V/Brawijaya Ziarah ke Makam Bung Karno

Pangdam Brawijaya menaburkan bunga ke makam proklamator RI. SP/Les

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Jelang HUT TNI Ke 75 pagi ini melakukan ziarah ke makam Sang Proklamator atau Presiden RI pertama Ir. Soekarno, bertempat di Komplek Makam Bung Karno (MBK) Kelurahan Sentul Kec Kepanjenkidul Kota Blitar, Jawa Timur.

Setibanya di Makam Bung Karno Pangdam Brawijaya  beserta rombongan disambut oleh Danrem 081/DSJ, Kolonel Inf Waris Ari Nugroho, S.E., M.Si. beserta Forkopimda Kota dan Kabupaten Blitar.

Dalam pelaksanaan ziarah yang diselenggarakan didahului dengan upacara militer itu, dilanjut prosesi peletakan karangan bunga, tabur bunga yang sebelumya memanjatkan doa bersama.

Pangdam V/Brawijaya menyampaikan tujuan dari kegiatan ziarah yakni memberikan penghormatan kepada Bung Karno yang merupakan Bapak Bangsa Indonesia 

" Pagi ini kita melaksanakan ziarah kepada Bapak Proklamator adalah dalam rangka memperingati HUT ke 75 Tentara Nasional Indonesia." Kata Pangdam V Brawijaya Mayjen.Widodo Iryansyah pada Wartawan di halaman Makam Bung Karno Rabu (23/9).

Orang pertama di Jajaran Kodam Brawijaya ini juga menambahkan, meskipun di tengah kondisi pandemi Covid 19 seperti sekarang ini, melalui HUT TNI kali ini ingin memberikan penghormatan kepada Presiden RI pertama Ir. Soekarno.

Disinggung terkait pelaksanaan Pilkada Serentak di Jawa Timur,  Pangdam Mayjen.Widodo  menegaskan jika TNI sudah jelas dan tegas harus bersikap netral, juga mengungkapkan bahwa  dalam pelaksanaan Pilkada Serentak nantinya siap menerjunkan personilnya dalam membantu pengamanan dan meningkatkan kondusifitas wilayah masing masing di seluruh Jawa Timur.

Dalam kunjungannya Pangdam Brawijaya tersebut turut hadir  dalam ziarah ke Pusara Makam Bung Karno  antara lain, Kakesbangpol Prov. Jatim.Drs. Ec. Jonathan Judyanto, Gubernur AAL, Laksda TNI Edi Sucipto, SE. M.M., Danlanud Abdurahman Saleh, Marsma TNI Hesly Paat serta  Dirbinmas Polda Jatim, Kombes Pol. DR. RS Ter Pratiknyo. Les