Panglima TNI ke Makam Bung Karno

SURABAYAPAGI, Blitar - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berziarah ke Makam Bung Karno (MBK) di Kota Blitar sebagai bagian dari rangkaian peringatan HUT ke-73 TNI.

Panglima dan rombongan tiba di areal MBK sekitar pukul 10.15 WIB. Usai berjabat tangan dengan beberapa petinggi TNI, Pemda Blitar dan kepolisian, Panglima menyempatkan beristirahat di sebuah tenda yang telah terpasang di halaman luar areal MBK.
Sekitar 10 menit kemudian, Panglima memasuki areal cungkup MBK lantas memimpin upacara penghormatan kepada mendiang mantan Presiden RI pertama itu. Ia juga meletakkan karangan bunga di depan cungkup makam Sang Proklamator.
Usai upacara, Panglima berdoa di depan nisan Bung Karno, didampingi sejumlah pejabat TNI. Di antaranya Pangkostrad Letjend TNI Andika Perkasa, Danrem 081, Kolonel R Sidarta Wisnu Graha, dan jajaran Dandim.
"Ini adalah tradisi yang bagus. Kami ziarah ke mantan Presiden Soekarno lalu nanti juga ziarah ke makam Gus Dur. Nanti juga ziarah ke makam mantan Presiden Soharto dan Jenderal Sudirman. Ini adalah tradisi untuk mengingatkan bagi generasi milenial untuk mengerti dan memahami perjuangan para pahlawan kita," kata Marsekal Hadi Tjahjanto usai ziarah, Rabu (19/9/2018).
Menurut Hadi, pidato Bung Karno tentang jas merah atau jangan sekali-kali melupakan sejarah juga merupakan lesson learned yang penting bagi bangsa Indonesia.les