Pasarean Ummi Pangeran Letnan Mulai Dikunjungi Para Takziyah

Pasarean Ummi Pangeran Letnan, di Jalan Asta Tinggi Kab. Sumenep (ft. Ainur Rahman/ SP)

SURABAYAPAGI . Sumenep - Dalam upaya perbaikan infrastruktur pasarean Ebu Ummi Pangeran Letnan di Jalan Asta Tinggi kab. Sumenep terus dikembangkan oleh pengelola Asta, pasalnya, pasarean Ummi Pangeran Letnan ini tidak banyak dikenal oleh masyarakat di kab. Sumenep, kata Gus Sadli pengelola Asta pasarean Ummi Letnan, katanya kepada Surabaya pagi  (24/08).
 
Menurut Gus Sadli, Sebelumnya, pasarean Ummi Pangeran Letnan ini dikenal sebagai "Asta Buju' Kosambih" keberadaan Asta itu belum banyak diketahui oleh berbagai lapisan, hanya saja setelah dilakukan renovasi jalan paving perbaikan, lalu banyak yang berkunjung melakukan takziyah ", katanya.
 
Gus Sadli, mengatakan "pengelolaan Asta  ini butuh orang yang peduli, sebab tidak mudah didalam melakukan pembenahan pasarean leluhur, butuh penanganan serius dari pengelola termasuk family dan lebih-lebih mendapat dukungan dari pemerintah setempat", tegasnya.
 
Sejauh ini kata Sadli, di dalam pengelolaan dan pembenahan sarana dan prasarana dibutuhkan kerja keras, namun sejauh ini yang kita lakukan hanya sebatas bersih-bersih di sekitar Asta agar dirasakan sejuk bagi para takziyah.
 
"Keberadaan Pasarean Ummi Pangeran Letnan boleh dibilang kramat karena berada dilokasi yang sepi, dan belum ada penerang lampu, hanya saja kata Sadli, pihaknya pernah mendapat bantuan dari seseorang dan bantuan tersebut langsung digunakan untuk pasang lampu penerang, sebab jika malam hari di Asta pasarean ini banyak orang", jelasnya.
 
Cuma lanjut Sadli, disini belum ada kamar mandi dan tempat berwudlu, air saja sulit harus kebawah dulu yang jaraknya kurang lebih 200 Meter dari Asta pasarean ummi pangeran letnan. 
 
"Makanya saya berharap ada kepedulian sesama baik lapisan masyarakat maupun instansi untuk menjadikan suasana Pasarean Ummi Letnan menjadi lebih asri dan nyaman bagi para Takziyah", jelasnya lagi.
 
Sementara lanjutnya, Para pengelola Pasarean Ummi Letnan sempat berpikir untuk memasang kotak amal dengan tujuan untuk perbaikan sarana prasarana termasuk pengeboran Air dan Kamar Mandi dan tempat wudlu bagi para Takziyah, namun ada sebagian yang tidak setuju, akhirnya dibiarkan saja sampai ada yang peduli
 
Keberadaan pasarean Ummi Pangeran Letnan kini mendapat respon baik dari Wakil Bupati sumenep, Ahmad Fauzi untuk melakukan pengeboran air di wilayah Asta Ummi Pangeran Letnan, dan saya bangga kepada Ahmad Fauzi atas kesigapan membantu melayani masyarakat terutama dalam pengelolaan Pasarean Ummi Pangeran Letnan.
 
"Saya sangat berterima kasih kepada pemerintah terutama wakil Bupati Sumenep, Ahmad Fauzi yang merespon cepat keinginan pengelola Asta Pasarean Ummi Pangeran Letnan", pungkasnya. AR