•   Rabu, 11 Desember 2019
Bisnis Makro

Pasokan Stabil, Harga Minyak Dunia Merosot

( words)
Harga minyak mentah dunia terus merosot, meski pasokan mulai kembali stabil mengiringi permintaan yang menguat.


SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Seperti dilansir Reuters, Kamis (28/6/2018) harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS berada di level USD72,55 per barel atau lebih rendah 21 sen setara 0,3% dari sesi terakhir. Sebelumnya WTI sempat mencapai level tertinggi sejak November 2014 di psosi USD 73,06 per barel.
Harga minyak mentah dunia terus merosot, meski pasokan mulai kembali stabil mengiringi permintaan yang menguat. Namun gangguan terhadap stok minyak masih muncul hingga membuat harga minyak AS jatuh dari posisi tertinggi setengah tahun.
Sementara harga minyak mentah berjangka Brent diperdagangkan pada posisi USD77,63 per barel atau cnderung hampir tidak berubah dari penutupan terakhir. Angka ini juga masih di bawah level tertinggi Mei belum lama ini.
Harga minyak telah menguat sepanjang 2018 seiring kondisi pasar dengan konsistennya pengetatan pasokan yang dipimpin oleh produsen Timur Tengah yang didominasi Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC). Gangguan pasokan yang tidak direncanakan datang dari Kanada ke Libya dan Venezuela untuk memperbesar pemotongan pasokan tersebut.
Meski begitu sinyal pengetatan di pasar mulai sedikit mereda. Meskipun pertumbuhan output melambat, produksi minyak mentah AS mendekati 11 juta barel per hari (bpd). Dengan Rusia dan Arab Saudi pada tingkat yang sama, maka output diperkirakan akan meningkat karena OPEC dan Rusia mengurangi pembatasan pasokan mereka. jk

Berita Populer