•   Sabtu, 14 Desember 2019
Internasional

Paus Desak Dunia Internasional Dukung Duo Korea

( words)
Pemimpin Vatikan, Paus Franciskus


Dalam sebuah pidato tahunan untuk para diplomat yang kemudian dikenal sebagai "State of the World", Paus Francis menuturkan bahwa pembicaraan ini sangat penting untuk dapat mengembalikan stabilitas di kawasan tersebut. VATIKAN, Yuri Kowalsky.
Pemimpin spiritual Vatikan, Paus Franciskus menyerukan dunia internasional untuk mendukung pembicaraan antara Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel). Korut dan Korsel akan melakukan pembicaraan pertama dalam dua tahun terakhir pada esok hari.
"Ini sangat penting untuk mendukung setiap upaya dalam dialog di semenanjung Korea, untuk menemukan cara baru mengatasi perselisihan saat ini, meningkatkan kepercayaan dan memastikan masa depan yang damai bagi rakyat Korea dan seluruh dunia," ucap Paus Francis, seperti dilansir Reuters.
Paus Francis dalam pidatonya juga menegaskan penolakan terhadap keberadaan senjata nuklir. "Senjata nuklir harus dilarang, tidak dapat disangkal bahwa perang dapat dimulai dengan suatu kebetulan dan keadaan yang tidak terduga," ucapnya.
Dia lalu mencatat bahwa Vatikan adalah satu di antara 122 negara yang tahun lalu menyetujui sebuah perjanjian PBB untuk melarang senjata nuklir. Amerika Serikat (AS), Inggris, Prancis dan yang lainnya memboikot perundingan yang mengarah pada perjanjian tersebut, dan bukannya menjanjikan komitmen terhadap Traktat Non-Proliferasi yang telah berlangsung puluhan tahun.
Di kesempatan yang sama, dirinya juga menyinggung mengenai masalah Israel-Palestina. Dia mengulangi seruannya untuk "status quo" Yerusalem agar tetap utuh menyusul keputusan Presiden AS Donald Trump untuk mengakui kota tersebut sebagai Ibu Kota Israel. 04

Berita Populer