•   Rabu, 13 November 2019
Ekonomi China

PBOC Masih Suntik Likuiditas Pasar

( words)
Tampak depan gedung PBOC, SP


SURABAYAPAGI.com Meski laju pertumbuhan ekonomi melemah China bersumpah untuk menjaga kebijakan moneternya yang bijaksana "tidak terlalu ketat atau terlalu longgar" sambil mempertahankan likuiditas pasar pada tingkat yang cukup memadai pada 2019.

Bank Rakyat China (PBOC), bank sentral, pada hari Selasa terus memompa uang tunai ke dalam sistem keuangan melalui operasi pasar terbuka untuk menjaga likuiditas di pasar.

PBOC melakukan repo terbalik tujuh hari sebesar 160 miliar yuan (sekitar 23,3 miliar dolar AS), suatu proses injeksi likuiditas di mana bank sentral membeli sekuritas dari bank komersial melalui penawaran dengan perjanjian untuk menjualnya kembali di masa depan.

Tingkat bunga untuk operasi berdiri di 2,55 persen, pernyataan PBOC menunjukkan. PBOC mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa operasi hari Selasa bertujuan mengimbangi dampak faktor-faktor seperti pembayaran pajak.

China ingatkan bahwa tidak ada repo terbalik jatuh tempo pada hari Selasa.

Disamping PBOC yang terus menyuntik likuiditas pasar, BUMN pusat China melihat pertumbuhan laba bersih yang solid di H1

Laba bersih perusahaan milik negara yang dikelola pemerintah China (BUMN) terlihat pertumbuhan stabil pada paruh pertama 2019, dengan rekor tertinggi sepanjang masa dicapai pada Juni, data resmi menunjukkan Selasa.

BUMN pusat China merealisasikan laba bersih H1, 703,77 miliar (sekitar 102,14 miliar dolar AS), naik 8,6 persen dari periode yang sama tahun lalu, kata Komisi Pengawasan Aset dan Administrasi (SASAC) milik negara.
Pada bulan Juni saja, laba bersih BUMN sentral tumbuh 8,4 persen YoY ke rekor tertinggi bulanan 158,49 miliar yuan.

BUMN sentral di industri besi dan baja, pertambangan, pembangkit listrik, konstruksi dan militer melihat profitabilitas yang lebih kuat di H1, sementara industri mesin dan transportasi menikmati pertumbuhan laba yang sehat, menurut Peng Huagang, juru bicara SASAC.

Total pendapatan operasi dari BUMN sentral mencapai 14,5 triliun yuan di H1, pertumbuhan tahun-ke-tahun sebesar 5,9 persen, data SASAC menunjukkan.

Pada paruh pertama tahun ini, investasi aset tetap BUMN sentral meningkat 8 persen dari satu tahun sebelumnya hingga mencapai 969,5 miliar yuan.

Berita Populer