PC GP Ansor Tuban Siapkan WiFi Gratis untuk Anak Sekolah

SURABAYAPAGI.COM, Tuban- Sejak Pandemi Covid-19 mewabah di Kabupaten Tuban, pergeseran metode pembelajaran dari yang sebelumnya tatap muka menjadi Daring (Online) dilaksanakan oleh hampir semua instansi pendidikan di Bumi Wali, demi menghindarkan peserta didik dari bahaya tertular virus.

Namun seiring bergulirnya metode tersebut, masalah kemudian muncul sebab banyak orang tua peserta didik yang hidup dengan kondisi keuangan pas- pasan. Sedangkan demi menempuh pendidikan daring, setiap peserta didik mau tidak mau harus membeli kuota internet untuk mengerjakan tugas yang diberikan dari setiap mata pelajaran.

Melihat persoalan demikian, sebagai bentuk kepedulian terhadap pendidikan dan kecerdasan anak bangsa, Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Tuban kemudian tergugah melakukan upaya penyediaan sarana wifi gratis bagi peserta didik yang ada di Kabupaten Tuban. Dimana sejak dilaksanakan, hingga saat ini, sudah ada 26 titik sarana wifi gratis yang disediakan oleh PC. GP Ansor Tuban, dan kemungkinan masih akan terus bertambah.

Ketua PC Gerakan Pemuda Ansor Tuban, Ahmad Ja'far Ali mengungkapkan, langkah nyata para kader Ansor di beberapa pimpinan anak cabang (PAC) ini diharapkan dapat menjembatani peserta didik tetap bisa belajar di saat pandemi Covid-19. Program WiFi gratis tersebut, tambah pria yang familiar disapa Gus Afa itu, sengaja dicanangkan sebagai respons inisiasi Pimpinan Pusat Ansor atas dinamika sosial yang dialami masyarakat ditengah situasi pandemi seperti saat ini.

"Titiknya tersebar di posko maupun rumah kader Ansor," ungkap Gus Afa, sapaan akrabnya, Jum'at (14/8/2020). Dijelaskan Gus Afa, beberapa Pimpinan Anak Cabang (PAC) yang sudah melaksanakan seperti PAC Kerek, Singgahan, Rengel Plumpang, Bangilan, Merakurak, Widang, Montong, Tuban Kota, Jatirogo, palang, Parengan, Soko, dan Senori.

Lewat gerakan ini, Ansor memfasilitasi jaringan internet secara cuma-cuma. Harapannya, lanjut Gus Afa, melalui program WiFi gratis, PC. GP Ansor Tuban dapat berkontribusi dalam cita-cita Indonesia untuk mencerdaskan anak bangsa.

Sehingga untuk itu, semua kader satu komando untuk menggelar program ini di masing-masing tingkatan. "GP Ansor mendorong untuk semua pihak, untuk bisa membantu kelancaran PJJ, sebab masih dimungkinkan wilayah yang belum tersentuh," pungkasnya.Her