PDI-P Jatim Menang di 11 Pilkada, Mayoritas Kandang Banteng

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 09 Des 2020 22:07 WIB

PDI-P Jatim Menang di 11 Pilkada, Mayoritas Kandang Banteng

i

Kusnadi, Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim di Surabaya, Rabu (9/12/2020).SP/RKO

SURABAYAPAGI, Surabaya - PDI Perjuangan Jawa Timur optimistis bisa mempertahankan kepemimpinan di kabupaten/kota yang secara tradisional sebagai ‘basis’ Banteng di Pilkada 2020. Bahkan, data awal hasil quick count internal maupun eksternal yang masuk, pasangan calon yang diusung PDI Perjuangan unggul di beberapa kabupaten yang sebelumnya dipimpin kepala daerah bukan dari PDI-P.

“Data yang dihimpun teman-teman BSPN (Badan Saksi Pemilu Nasional) PDI Perjuangan Jatim hingga jam 5 sore tadi, paslon kita unggul di 11 kabupaten/kota. Yang lainnya, hasil suaranya masih dihimpun,” ungkap Kusnadi, Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim di Surabaya, Rabu (9/12/2020).

Baca Juga: Gerindra Galau dengan Manuver Megawati

Daerah yang secara tradisional kepemimpinannya dipegang kader PDI Perjuangan, tambah Kusnadi, hitungan internal maupun quick count lembaga survei, menunjukkan hasil menggembirakan. Dia mencontohkan Kota Surabaya yang dalam tahapan pilkada 2020 berjalan, PDI Perjuangan seperti dikepung, dan menghadapi politik uang serta politik pecah belah, namun pasangan Eri Cahyadi-Armudji tetap teratas di semua quick count lembaga survei.

“Ini membuktikan kepahlawanan arek-arek Surabaya dalam memenangkan Eri-Armudji,” sebut Kusnadi.

Pria yang juga menjabat Ketua DPRD Jatim ini juga menyebut daerah lain yang juga menunjukkan kemenangan bagi pasangan calon yang diusung PDIP. Di antaranya Kab Kediri, Ngawi, Trenggalek, Banyuwangi, Ponorogo, Kabupaten Malang, Sumenep, Gresik, Situbondo, dan Kota Blitar.

Baca Juga: Simpang Siurnya Pernyataan Gibran dan Hasto

Sementara, di tiga daerah, jago PDI Perjuangan berhasil merebut kepemimpinan. “Seperti Ponorogo, Gresik dan Situbondo, ini termasuk kabupaten/kota baru yang bakal dipimpin pasangan calon kita. Sebelumnya pasangan calon yang diusung PDI Perjuangan belum pernah menang di daerah ini,” terang Kusnadi,

“Dan di 11 kabupten/kota tadi, kita memberangkatkan kader PDI Perjuangan, baik sebagai calon kepala daerah, wakil kepala daerah, atau kedua-duanya seperti Surabaya dan Banyuwangi,” imbuh dia.

Baca Juga: Megawati Tulis Surat ke MK: Habis Gelap Terbitlah Terang

Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Untari Bisowarno menambahkan, meski hasil awal PDI Perjuangan masih unggul di 11 kabupaten/kota, pihaknya tetap optimistis mampu memenangkan pilkada di Jatim sesuai target. Yakni memang di 13 kabupaten/kota.

“BSPN Jatim masih mengcollect hasil suara dan prosesnya masih berjalan. Kita optimis bisa memenangkan pilkada minimal di 13 kabupaten/kota,” ujar Untari. rko

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU