•   Senin, 6 April 2020
Agrobisnis

Peduli Green House, PT PRIA Hijaukan Pabrik Dengan Tanaman Sayur Hijau

( words)
Tanaman gambas super yang tumbuh subur di plant Lakardowo, Desa Lakardowo, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto. SP/DW


SURABAYA PAGI.COM, Mojokerto - PT Putra Restu Ibu Abadi (PT PRIA) kian concern dengan Program Green House. Terbukti, setelah sukses mengembangkan tanaman hydroponix, kini  perusahaan pengolah limbah B3 terbesar se Jawa Timur ini mulai melirik tanaman sayur hijau.

Image
Tak tanggung-tanggung, melalui Tim Divisi Pertamanan dan Kebersihan (PTK), PT PRIA kembali berorientasi terhadap lahan hijau dengan cara mengembangkan tanaman sayur hijau di dalam Plant Lakardowo di Desa Lakardowo, Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto. 

Supervisor Senior PT PRIA, Khoirul Anam kepada wartawan mengatakan, sejak hampir dua bulan lalu, PT PRIA telah menyemaikan bibit sayuran gambas super di sekeliling area pertamanan kolam pancing yang terletak di lahan belakang PT. PRIA seluas 100 meter persegi.

"Ini berdekatan dengan lahan pertanian warga di Dusun Kedung Palang, Desa Lakardowo dan Dusun Greol Desa Sidorejo, Kecamatan Jetis," jelasnya.

Mbah Rul (Sapaan akrab Khoirul Anam, red) menuturkan jika saat ini bibit gambas tersebut menunjukkan pertumbuhan yang sangat luar biasa. Ia mengaku menanamnya tanpa pestisida sama sekali dan saat ini hasilnya luar biasa bagus. Tanaman itu tumbuh subur dan berbuah lebat. 

"Hal ini membuktikan jika lahan PT. PRIA dan sekitarnya sangatlah subur dan jelas jauh dari kata tercemar. Karena tanaman adalah salah satu indikator terbaik terhadap lingkungan dan bisa kita lihat langsung secara visual atau nyata" kata mbah Rul.

Ia menambahkan, sekarang ini PT. PRIA banyak berorientasi terhadap lingkungan baik langsung maupun tidak langsung. Saat ini banyak budidaya tanaman hijau yang sedang dikembangkan di plant Lakardowo. Hal ini untuk mengajak mulai dari internal karyawan agar tetap mencintai lingkungan dan peduli akan kebutuhan oksigen di dunia. 

Namun tetap bermanfaat untuk menunjang ekonomi yang berbasis pertanian. Sumianah, Perawat kebun dan salah satu Foreman PTK mengatakan 

"Hasil panen dari tanaman gambas ini bukan yang pertama kita kembangkan di lokasi perusahaan, dan hasilnya selalu tampak memuaskan walaupun tidak menggunakan pestisida atau bahan kimia lainnya. Apalagi di musim hujan, lahan-lahan kosong di PT. PRIA selalu tampak hijau tanaman-tanamannya, itulah kenapa kami sangat tertarik menanam beberapa tanaman sayur hijau di sini untuk hoby dan mengisi waktu luang" pungkasnya. dwi

Berita Populer