•   Rabu, 20 November 2019
Uncategories

Pelanggan Kena Tipu Belasan Juta Rupiah, Begini Klarifikasi OLX

( words)
Ilustrasi tampilan aplikasi OLX.


SURABAYAPAGI.com, Surabaya - OLX Indonesia menanggapi terkait pemberitaan Pelanggan Kena Tipu Belasan Juta Rupiah, OLX Tak Mau Ganti Rugi.

Amelia Virginia, Public Relation OLX Indonesia, mengirim rilis dan hak jawab melalui surat elektronik yang diterima Surabaya Pagi, Kamis (19/4/2018). Surel itu dikirim melalui Hendrayani Kristianty, dari pihak Occam, yang merupakan salah satu Associate Consultant OLX Indonesia.
Berdasarkan surel yang dikirim tersebut, Amelia Virginia menyatakan bahwa "OLX adalah platform iklan baris online yang tidak memfasilitasi transaksi." Amelia, melanjutkan jika sebagai iklan baris, fungsi OLX sama seperti iklan baris pada media cetak.
"Fungsi kami selayaknya iklan baris pada media cetak, yaitu mempublikasikan produk atau servis yang diiklankan penjual melalui kami, kepada calon pembeli. Dengan demikian, semua transaksi terjadi tidak melalui platform OLX— langsung antara penjual dan pembeli."
Dalam email yang dikirim oleh Yani, ia juga menegaskan jika piihaknya telah memberikan himbauan kepada seluruh pelanggan agar berhati-hati.
"Kami telah memberikan imbauan kepada pengguna agar tidak melakukan transfer kepada penjual sebelum pembeli melihat langsung barang yang dijual, karenanya kami menganjurkan untuk melakukan Cash on Delivery. Selain itu, kami juga memberikan rekomendasi agar pembeli mencari barang-barang yang ada di sekitar tempatnya beraktivitas agar lebih mudah melakukan CoD. Jika pengguna merasa ada iklan yang mencurigakan, kami juga telah memasang tombol Laporkan Iklan pada setiap iklan. Dibuat demikian agar pengguna dapat melaporkan iklan yang mencurigakan kepada kami untuk ditindak lanjuti oleh tim."
Sebelumnya dikutip dari inet.detik.com, pihak OLX Indonesia juga telah mengklarifikasi terkait hal ini melalui Amelia Virginia, Public Relation & Social Media Manager. Melalui email, dia memberikan jawaban seperti ini:
OLX Indonesia hendak menanggapi beberapa hal terkait pemberitaan Tergiur iPhone X Murah di OLX, Karyawati ini Tertipu Belasan Juta. Beberapa fakta dan tanggapan kami, sebagai berikut:
Tidak ada nomor customer service yang bisa dihubungi Kami telah menyediakan link pusat bantuan di mana pengguna dapat membaca beberapa keterangan tentang kami, pada platform resmi milik OLX. Di situ, kami juga menyediakan link untuk langsung menghubungi tim Customer Service. Selain itu, kami pun menyediakan tombol [Laporkan Iklan] agar pengguna dapat dengan mudah melaporkan iklan yang mencurigakan.
Fitur yang menyaring iklan penipu OLX adalah platform iklan baris online yang fokus pada jual-beli barang bekas. Untuk itu kami selalu menyarankan pengguna agar melakukan CoD dan tidak melakukan transfer sebelum pembeli melihat langsung kondisi barang. Kami juga telah menuliskan artikel di Pusat Bantuan tentang hal ini.
Akun penjual mulai berjualan sejak Juli tahun 2017 Akun tersebut dibuat pada bulan Juli tahun lalu, bukan berjualan sejak bulan Juli tahun lalu.

Awal Mula PembelianAwalnya, karyawati bernama Adita ini menemukan iklan iPhone X dengan harga miring di OLX. Pada iklan tersebut harga yang ditawarkan Rp 11.350.000, setelah akhirnya melakukan nego ia pun dapat harga Rp 11.000.000.

Seperti diketahui, harga normal iPhone X di Jakarta biasanya mencapai Rp 15.000.000. Hal inilah yang mendasari Adita tergiur untuk membelinya di OLX dengan cara transfer langsung ke sang penjual.
Dipaparkan Adita, ia akhirnya percaya untuk transfer karena penjual terkesan begitu meyakinkan. Sang penjual mengirimkan data KTP hingga membuat rekaman video dari packing hingga pengiriman di JNE.
Namun sayangnya, setelah uang ditransfer, ia mendapatkan nomor resi serta KTP penjual yang ternyata bodong. Nomor ponselnya pun langsung diblokir oleh si penjual. lx/de

Berita Populer