•   Selasa, 15 Oktober 2019
Ekonomi NKRI

Pemadaman Listrik, Aktifias Perbankan Terganggu

( words)
PLN, SP/NB


SURABAYAPAGI.com – Pemadaman listri disejumlah daerah menyebabkanlayanan perbankan terganggu. Sekretaris Perusahaan PT Bank Central Asia (BCA) Jan Hendra mengatakan pemadaman listrik mengakibatkan terganggunya sebagian layanan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Namun, ia memastikan nasabah tetap dapat melakukan transaksi melalui layanan elektronik BCA

"Antara lain BCA mobile, Internet Banking, Klik BCA, dan Sakuku BCA," katanya dilansir dari CNN

Sekretaris Perusahaan PT Bank Negara Indonesia (BNI) Meiliana mengatakan meski terganggu, namun operasional sebagian besar mesin ATM BNI di area yang terkena pemadaman listrik oleh PLN tetap berjalan normal. Saat ini masih terdapat lebih dari 15 ribu ATM BNI yang bisa melayani transaksi nasabah di seluruh Indonesia.

"BNI memastikan operasional ATM yang berada di luar gedung kantor cabang (off branch) akan kembali normal setelah pasokan listrik ke gedung pulih," katanya.

Dia menganjurkan nasabah menggunakan mesin-mesin ATM yang berada di dalam area kantor cabang BNI. Di sana memiliki cadangan daya yang memadai.

Nasabah juga dapat menggunakan ATM BNI di area yang memiliki pasokan listrik gedung yang cukup, misalnya di pusat perbelanjaan, restoran, bandara atau area ruang publik yang memiliki pasokan listrik genset.

Transaksi juga masih dapat dilakukan melalui BNI Mobile Banking, BNI SMS Banking, dan BNI Internet Banking. "Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh pengguna setia ATM BNI," tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan PT Bank Mandiri Rohan Hafas memperkirakan akan terjadi gangguan pada mesin ATM akibat gangguan listrik.

"Kami memperkirakan beberapa ATM yang berlokasi di luar cabang Bank Mandiri atau di gedung yang tidak memiliki genset, akan mengalami gangguan karena daya tahan baterai (UPS) hanya untuk 1-2 jam," katanya dilansir dari CNN

Berita Populer