Pemasok Senjata KKB Papua Tertangkap

Setelah dilakukan penyelidikan, Satgas Penegakan Hukum Operasi Nemangkawi akhirnya berhasil menangkap penjual, pembeli dan pengantar senjata beserta amunisi untuk kelompok criminal bersenjata (KKB) di Papua dan Papua Barat.

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono melalui siaran pers Satgas Humas Operasi Nemangkawi di Jakarta, Rabu (25/3) menyebutkan ada tiga tersangka yang berhasil diamankan dalam insiden tersebut.

Adapun inisial ketiga tersangka yakni, JL (26) warga Manado yang berperan sebagai perantara senjata dari Filipina-Manado-Manokwari, FR (34) warga Manado sebagai penjual senjata, dan RIB (22) sebagai pembeli.

Argo menjelaskan kronologi penangkapan terjadi pada Jum’at (20/3) sekitar pukul 04.50 WIT usai turun dari kapal Labobar di pelabuhan Manokwari, Papua. Penangkapan dilakukan petugas usai melakukan penyelidikan.

“Setelah pembuntutan dan penyelidikan, akhirnya Satgas Gakkum Operasi Nemangkawi menangkap dan mengamankan pelaku saat turun dari kapal Lababor,” katanya.

Petugas telah melakukan pemantauan kepada tersangka JL selama 27 hari atau sejak yang bersangkutan berangkat dari kota Timika, Papua menuju ke Manado.

Setelah penangkapan tersangka pertama, petugas melakukan pengembangan dan akhirnya berhasil meringkus tersangka kedua yakni FR di kediamannya pada Senin (23/3) pukul 20.30 WITA di kelurahan Bailing Lingk 3, kecamatan Bunaken, kota Manado.

Tak ketinggalan petugas juga berhasil menangkap tersangka ketiga RIB selaku pembeli dihari yang sama. Tersangka RIB diamankan di kecamatan Wanea, kota Manado, Senin (23/3) pukul 23.30 WITA.

Dari tersangka RIB petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa 1 pucuk senjata api dan 1 butir amunisi 9 mm yang disimpan dengan bungkus lakban hitam, 8 unit ponsel berbagai jenis dan 1 buah buku tabungan beserta kartu ATM atas nama RIB.

Sedangkan dari tersangka JL petugas mengamankan barang bukti 1 pucuk senjata apu US Carabin, 1 pucuk senjata api 38 SCP, 1 pucuk senjata api caliber 45 Caspion, 1 pucuk Baby Uzi 9 mm.Jk05