Pembagian Bansos Tahap 2 di Jombang Belum Jelas, Ini Sebabnya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 02 Jun 2020 15:15 WIB

Pembagian Bansos Tahap 2 di Jombang Belum Jelas, Ini Sebabnya

i

Situasi pencairan salah satu bansos tahap pertama. (SP/M. Yusuf/doc)

SURABAYAPAGI.COM, Jombang - Pembagian bantuan sosial (Bansos) tahap dua untuk warga terdampak Covid-19 hingga memasuki awal bukqn Juni, masih belum ada kejelasan.

Bansos untuk warga terdampak Covid-19 ini, meliputi bansos Kemensos, bansos Provinsi, dan bansos APBD Kabupaten Jombang. Warga akan menerima tiga kali. Dan tahap dua akan dibagikan pada bulan Juni ini.

Baca Juga: Pecah Ban, Bus Terbakar di Tol Jombang-Mojokerto

Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Jombang, M Saleh mengatakan, untuk pembagian bansos yang tahap dua masih belum. Sampai sekarang masih dalam tahap verifikasi data. Kemungkinan pertengahan Juni mendatang.

"Laporan pertanggungjawaban pembagian tahap satu sampai sekarang masih belum diselesaikan. Semua desa kemarin belum melaporkan pertanggungjawabannya," katanya, saat dikonfirmasi, Selasa (02/6/2020).

Saleh menjelaskan, selain itu juga karena masih dalam proses pendataan ulang. Karena pada pembagian bantuan tahap pertama kemarin, masih banyak penerima ganda.

Baca Juga: Satgas Pangan Jombang Cek Kestabilan Pasokan dan Harga Bapok

"Jadi proses oendataan ulang ini untuk meminimalisir penerima ganda, yang kemarin mencapai kurang lebih 18 ribu keluarga penerima manfaat (KPM)," jelasnya.

Selanjutnya Saleh menegaskan, terkait laporan pertanggungjawaban, apabila tidak ada, maka tidak bisa dicairkan oleh DPKAD. Karena terkait dengan anggaran. "Jadi semua harus dipertanggungjawabkan," tegasnya.

Baca Juga: Jelang Lebaran Ketupat, Perajin di Jombang Kebanjiran Pesanan

Untuk itu Saleh menargetkan, pada tanggal 5 Juni mendatang, masing-masing desa harus segera menyelesaikan laporan.

"Agar bantuan tahap kedua ini segera dapat disalurkan segera. Ya kemungkinan itu pertengahan Juni bisa di salurkan," pungkasnya.(suf)

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU