•   Sabtu, 23 November 2019
Agrobisnis

Pemberdayaan Menguat, Pertanian Bisa Tingkatkan Perekonomian

( words)
Para petani SP/Rdr


SURABAYAPAGI.com - Pengamat Politik Kebijakan Pangan, Razikin Juraid mengatakan keberhasilan Kementan selama pemerintahan Jokowi-JK patut diakui semua pihak. Tak ayal, mampu memposisikan pertanian dan petani di posisi terhormat, sehingga pertanian Indonesia saat ini semakin menggeliat dan disegani dunia.

Fakta keberhasilan pembangunan pertanian saat ini dapat dilihat dari data BPS, sangat gamblang menunjukkan sektor pertanian semakin bergairah. Misalnya kurun waktu lima tahun terakhir ekspor naik 26,9 persen.

PDB sektor pertanian mampu menembus Rp 1.328,4 triliun. Inflasi pangan sekarang stabil, dulu 2014 10,57 persen turun 2017 menjadi 1,26 persen, ini kondisi inflasi pangan terbaik karena di saat yang sama kemiskinan di pedesaan menurun drastis.

Dengan berhasilnya pemberdayaan Sektor pertanian dapat berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian Indonesia. Hal tersebut tercermin dari kinerja sektor pertanian dalam empat tahun terakhir.

Kepala Pusat Data Sistem Informasi Pertanian Kementerian Pertanian Ketut Kariyasa mengatakan, beberapa aspek dapat dijadikan indikator terjadinya perubahan lebih baik di sektor pertanian. Antara lain, meningkatnya produksi pertanian di semua komoditas, membaiknya kesejahteraan petani, berkurangnya kesenjangan pendapatan masyarakat pedesaan dan melonjaknya ekspor.

Selanjutnya Kariyasa menuturkan, indikator keberhasilan lain kinerja Kementerian Pertanian yaitu mampu menjaga terjangkau dan stabilitas harga bahan makanan atau pangan secara konsisten. Tahun 2014, inflasi pangan masih tergolong tinggi hingga 10,57 persen. Namun pada tahun 2017, Kementerian Pertanian mampu menekan inflasi pangan menjadi amat kecil yakni 1,26 persen.

Menyikapi kerja Kementerian Pertanian itu, pengamat pertanian IPB Suwardi menuturkan, menunjukan bukti adanya perubahan di sektor agraris. Data-data yang tersaji, kata Suwardi, menandakan jelasnya skema kerja yang disusun Amran Sulaiman guna memperbaikan pertanian nasional dari masa sebelumnya.

"Tinggal dipertahankan apa yang sudah bagus kan, ke depannya apa yang masih kurang dirumuskan bagaimana supaya meningkat hasilnya," ungkap Suwardi. Suwardi mengemukakan, berdasarkan data yang ada menjadikan sektor pertanian memiliki peranan penting untuk mendongkrak ekonomi Indonesia.

Berita Populer